Statistiche web Mengapa Jurusan IT Membutuhkan Matematika? - Sobat Ambisius

Iklan 1

Mengapa Jurusan IT Membutuhkan Matematika?

Hallo Sobat Ambisius!!

Pernahkah kamu bertanya – tanya mengapa terdapat mata kuliah pada jurusan yang berhubungan dengan dunia IT?.

Pada umumnya terdapat berbagai macam mata kuliah matematika pada sebuah fakultas ilmu komputer contohya seperti statistika, aljabar linier, calculus, matematika diskrit, dan sebagainya.

Apakah kamu sudah mengetahui fungsi dari berbagai macam mata kuliah tersebut pada dunia IT? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai mengapa jurusan IT membutuhkan matematika?.

A. Fungsi matematika dalam dunia IT

Fakultas ilmu komputer memiliki berbagai jurusan seperti sistem informasi, teknik informatika, cyber security, dan lainnya. Jurusan – jurusan tersebut memiliki berbagai mata kuliah matematika. Lalu, apa fungsi matematika dalam dunia IT?

Berikut ini merupakan beberapa fungsi matematika dalam dunia IT :

1. Matematika mengajarkan untuk memahami cara kerja algoritma

Matematika dapat membantu kita untuk memahami dan memulai dasar pemrograman. Contoh penggunaan matematika dalam algoritma adalah ketika kita menggunakan operator aritmatika (+, - , *, /, %) dalam suatu bahasa pemrograman.

2. Matematika mengajarkan cara menganalisis suatu pekerjaan

Pastinya kita terkadang mendapatkan soal – soal yang membingungkan dan memerlukan konsentrasi dalam mengerjakannya. Dari pengerjaan tersebut kita dapat melatih otak kita untuk menggunakan logika dalam pengerjaan soal – soal tersebut. Hal ini dapat melatih logika setiap mahasiswa yang ingin menjadi seorang programmer dalam menganalisis dan memperbaiki sebuah bug dalam kode yang dikerjakan.

3. Matematika memiliki relasi dengan mata kuliah lain

Ketika memilih jurusan IT maka terdapat mata kuliah lain yang memiliki hubungan dengan mata kuliah matematika. Contohnya penggunaan matematika pada mata kuliah artificial intelligence, database, computer network dan mata kuliah lainnya.

4. Matematika mengajarkan pemahaman dan komunikasi melalui bahasa abstrak

Matematika mengajarkan kita dalam menggunakan berbagai macam rumus dan simbol. Tentu saja, rumus dan simbol tersebut hanya digunakan pada kondisi tertentu dan spesifik. Hal ini menjadi dasar bagi kita dalam mempelajari algoritma dari suatu bahasa pemrograman. Karena pada bahasa pemrograman terdapat beberapa syntax, simbol, tanda baca,dan kata – kata yang harus dapat kita pahami sama halnya dengan kita mempelajari matematika.

5. Matematika sangat dibutuhkan dalam berbagai disiplin ilmu komputer

Matematika dibutuhkan dalam penelitian, pengembangan dan untuk mengimplementasikan berbagai macam disiplin ilmu komputer. Dalam dunia IT terdapat berbagai departemen yang membahas suatu ilmu secara khusus misalnya terdapat disiplin ilmu yang membahas tentang data seperti database, data analyst, data science, dan sebagainya. Perlu diketahui, bahwa banyak sekali bagian penjurusan yang membahas ilmu tertentu pada disiplin ilmu komputer seperti jaringan, kecerdasan buatan, dan sebagainya.

B. Kesimpulan

Bagi kamu yang sedang menjalani atau ingin memasuki masa perkuliahan. Jangan pernah menganggap remeh matematika, kita harus tetap mempelajari  dan berusaha untuk memahami berbagai macam mata kuliah atau ilmu yang ada pada jurusan yang kita pilih. Karena matematika memiliki jangkauan yang luas terhadap disiplin ilmu dunia komputer.

Oleh karena itu, beberapa universitas menerapkan sistem yang cukup ketat bagi kamu yang ingin memasuki salah satu jurusan difakultas ilmu komputer. Salah satu contoh persyaratannya yaitu calon mahasiswa wajib berasal dari SMA jurusan IPA atau SMK jurusan yang berhubungan dengan komputer. Hal ini bertujuan agar calon mahasiswa tidak kesulitan dalam menghadapi perkuliahan nantinya.

Inilah informasi yang membahas tentang Mengapa Jurusan IT Membutuhkan Matematika?. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu kamu dalam memahami berbagai macam fungsi matematika dalam ilmu komputer. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengapa Jurusan IT Membutuhkan Matematika?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel