Statistiche web Apa itu Smart TV? Beserta kelebihan dan kekurangannya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu Smart TV? Beserta kelebihan dan kekurangannya

Hallo Sobat Ambisius!!

Seiring perkembangan zaman maka teknologi pun semakin cangggih. Hal ini juga  berdampak pada teknologi pertelevisian. Pernahkah kamu mendengar istilah ‘Smart TV’ ?. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai informasi mengenai smart TV.

A. Apa itu Smart TV?

Secara sederhana, smart TV merupakan sebuah televisi yang memiliki akses untuk menggunakan internet dan memiliki sistem operasi untuk dapat membuka berbagai macam aplikasi yang terdapat didalamnya.

B. Kelebihan Smart TV

1. Smart TV dapat terhubung dengan smartphone

Umumnya ketika kita membeli sebuah smart tv sudah dilengkapi dengan remote untuk mengontrol tv tersebut. Akan tetapi, kita juga dapat terhubung menggunakan smartphone ketika ingin menggunakan tv tersebut. Hal ini akan memberikan kemudahan lebih karena lebih mudah mengoperasikan melalui smartphone.

2. Program acara tv lebih menarik

Jika kita menggunakan smart tv maka kita dapat memilih untuk menonton berbagai macam film, acara tv, video youtube , dan sebagainya. Karena smart tv terhubung dengan koneksi internet. Jadi, kita dapat menikmati tv lebih dari hanya menonton acara tv konvensional.

3. Dapat mengakses internet

Smart tv dapat menjadi sebuah perangkat yang multiguna kita dapat bekerja, belajar, mendapatkan hiburan dari smart tv. Hal ini dikarenakan, smart tv dapat mengakses internet dengan menggunakan wifi. Sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah menggunakan smart tv.

4. Mudah untuk pasang

Smart tv dapat dipasang dengan menggunakan bracket untuk dipasang pada tembok ataupun menggunakan kaki tv untuk diletakkan dimeja. Kita juga tidak perlu bingung untuk memasang kabel karena dengan menggunakan kabel power dan kabel antena smart tv sudah siap digunakan. Untuk koneksi internet kita dapat menggunakan wifi.

5. Smart tv memiliki desain yang futuristik dan fungsional

Smart tv memiliki layar yang tipis sehingga mengurangi bobot tv. Sehingga berat smart tv jauh lebih ringan apabila dibandingkan dengan tv tabung atau tv sebelumnya. Smart tv juga lebih fungsional karena terdapat berbagai fitur didalamnya. Apabila sebelumnya kita membutuhkan dvd player untuk menonton film pada tv maka, pada smart tv kita sudah tidak memerlukan benda tersebut.

C. Kekurangan Smart TV

1. Smart tv dapat ngehang atau ngelag

Sama seperti perangkat elektronik lainnya seperti laptop, smartphone, dan sebagainya. Smart tv juga dapat mengalami ngehang atau ngelag ketika kita menggunakannya.

2. Memiliki resiko keamanan dan privasi

Pada saat ini smart tv menggunakan automatic content recognition (ACR). Sehingga segala aktivitas kita seperti menonton film, menonton youtube, atau berbagai hal yang menggunakan koneksi internet dapat diketahui.

3. Harga yang cukup mahal

Jika kita melihat harga smart tv dipasaran dengan harga termurah berkisar 2 jutaan. Harga ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan tv biasa.

D. Tipe Smart TV

Pada dasarnya smart tv dapat dikategorikan dari hal berikut :

·        Resolusi

·        Teknologi Layar

·        Sistem operasi

1. Resolusi

Penggunaan resolusi pada smart tv sangat beragam contohnya seperti : 4k, ultra HD, full HD, dan HD. Semakin bagus resolusi yang digunakan maka semakin mahal harga dari smart tv tersebut.

2. Teknologi layar

Berbagai macam smart tv memiliki komponen layar berbeda – beda contohnya seperti LED, LCD, OLED. Hal ini bergantung pada harga dan pabrikan smart tv tersebut.

3. Sistem operasi

Setiap pabrikan dapat memilih penggunaan basis software yang digunakan dalam smart tv. Contoh software pada smart tv yaitu : Android OS, Firefox, OS, LG web OS, dan Samsung Tizen.

E. Cara kerja Smart TV

Pada dasarnya cara kerja smart tv sama saja dengan tv pada umumnya. Akan tetapi, pada smart tv ditambahkan fitur untuk dapat terhubung dengan koneksi internet. Sehingga para pengguna smart tv dapat mengakses berbagai macam film, video, dan berbagai kebutuhan lainnya menggunakan smart tv.

Smart tv memiliki software development kit (SDK) yang berfungsi untuk memungkinkan pihak ketiga membuat aplikasi untuk smart tv tersebut. Sehingga para pengguna smart tv dapat menginstal atau menghapus aplikasi tersebut.

Inilah informasi yang membahas mengenai Apa itu Smart TV? Beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat memberikan pemahaman lebih mengenai smart tv. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Smart TV? Beserta kelebihan dan kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel