Statistiche web Apa itu GPS? Beserta Fungsi dan Sejarahnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu GPS? Beserta Fungsi dan Sejarahnya

Hallo Sobat Ambisius!!

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan penggunaan GPS, hal ini dikarenakan teknologi GPS sudah semakin berkembang hingga saat ini dan mungkin kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Pada kesempatan ini kita akan membahas detail tentang teknologi GPS mulai dari cara kerja, fungsi , sejarah dan lainnya.

A. Apa itu teknologi GPS?

GPS singkatan dari ‘Global Positioning System’. GPS merupakan sebuah sistem navigasi berbasis satelit, penerima, dan algoritma untuk menyinkronkan berbagai data seperti kecepatan, lokasi, dan waktu untuk perjalanan udara, laut, dan darat.

B. Cara kerja GPS

GPS menggunakan satelit yang mengelilingi bumi dua kali sehari dalam sebuah orbit. Perangkat GPS nantinya akan menerima kode yang harus dipecahkan agar dapat menghitung lokasi yang tepat. Kode tersebut berasal dari satelit yang mentransmisikan sinyal unik dan parameter orbital.


Setelah posisi pengguna ditentukan, unit GPS dapat menghitung informasi lain, seperti : kecepatan, jarak perjalanan, lokasi, jarak ketujuan, dan lainnya.

C. Fungsi GPS

GPS merupakan perangkat yang sangat penting dan masih digunakan hingga saat ini. GPS memiliki manfaat yang luar biasa dalam berbagai bidang terutama bidang bisnis.

Terdapat 5 fungsi utama GPS :

·        Navigasi

GPS berfungsi sebagai navigasi atau penunjuk arah jika kita ingin menuju ke suatu tempat.

·        Lokasi

GPS berfungsi untuk menentukan lokasi kita berada.

·        Pelacakan

GPS berfungsi sebagai alat bantu pelacakan, khususnya untuk melacak seseorang.

·        Pemetaan

GPS berfungsi memudahkan pembuatan peta suatu wilayah.

·        Waktu

GPS berfungsi untuk memperkiraan waktu sampai ke suatu tujuan.

D. Manfaat GPS

Selanjutnya kita akan membahas secara spesifik manfaat GPS dalam berbagai bidang seperti :

·        Transportasi

Pada bidang transportasi GPS sangat dibutuhkan untuk mencari rute terdekat untuk efisiensi waktu dan bahan bakar, melacak konsumen yang memesan, dan berbagai manfaat lainnya.

·        Keamanan

Bidang keamanan seperti militer atau kepolisian sangat membutuhkan GPS. Penggunaan GPS dibidang keamanan seperti : melacak penjahat, mengetahui kondisi geografis suatu wilayah, pemetaan suatu wilayah dan lainnya.

·        Hiburan

Pada bidang hiburan GPS digunakan dalam berbagai game contohnya pokemon go yang memadukan penggunaan teknologi GPS dengan Augmented reality.

·        Kesehatan

Contohnya sederhana penggunaan GPS pada bidang kesehatan adalah penggunaan smartwatch untuk menghitung jarak lari, waktu tempuh, dan lainnya.

·        Pariwisata

Pada bidang pariwisata GPS umumnya digunakan untuk pemetaan geografis suatu wilayah. Agar memastikan apakah wilayah tersebut strategis sebagai tempat wisata.

Masih banyak bidang – bidang lain yang menggunakan teknologi GPS. Ini menandakan bahwa teknologi GPS sangatlah penting.

E. Sejarah GPS

·        Tahun 1959

Angkatan laut Amerika serikat (US NAVY) membangun sistem navigasi satelit nyata pertama, yang disebut TRANSIT. Pada awalnya sistem  navigasi ini dirancang untuk menemukan kapal selam. Kapal selam sering harus menunggu berjam-jam untuk menerima sinyal dari satelit, tetapi model tersebut mengatur panggung untuk GPS yang sebenarnya dengan sinyal terus menerus dari satelit di luar angkasa.

·        Tahun 1963

Perusahaan Aerospace asal amerika serikat menyelesaikan studi untuk militer yang mengusulkan sistem satelit luar angkasa yang mengirimkan sinyal terus menerus ke penerima di darat dan dapat menemukan kendaraan yang bergerak cepat melintasi permukaan bumi atau di udara. Studi ini memaparkan konsep GPS yang kita kenal sekarang untuk pertama kalinya: penerima di kendaraan di darat akan memperoleh satu set koordinat lokasi yang tepat dengan mengukur waktu transmisi sinyal radio dari satelit.

·        Tahun 1974

Cabang-cabang militer, setelah bekerja pada sistem GPS selama 11 tahun terakhir, meluncurkan satelit pertama dari sistem GPS 24-satelit yang diusulkan yang disebut NAVSTAR. Satelit, dan banyak yang akan menyusul, dimaksudkan untuk menguji konsep NAVSTAR.

·        Tahun 1978 - 1985

Militer Amerika serikat melakukan pengujian terhadap sistem NAVSTAR yang saat itu hanya disebut "Sistem GPS" dengan cara meluncurkan 11 satelit uji lagi ke luar angkasa. Satelit membawa jam atom, untuk mengukur waktu transmisi dengan lebih tepat. Beberapa dari satelit ini (mulai tahun 1980) membawa sensor yang dirancang untuk mendeteksi peluncuran atau ledakan perangkat nuklir.

·        Tahun 1983

Tak lama setelah Rusia menembak jatuh penerbangan Korean Air 007 setelah keluar jalur ke wilayah udara Soviet di atas Semenanjung Kamchatka, presiden Amerika serikat Ronald Reagan menawarkan untuk mengizinkan semua pesawat komersial sipil menggunakan sistem navigasi GPS untuk meningkatkan navigasi dan keselamatan udara.

·        Tahun 1985

Pemerintah Amerika serikat mengadakan kontrak dengan perusahaan swasta untuk mengembangkan penerima GPS “udara, kapal, dan paket manusia (portabel)”.

·        Tahun 1989

Setelah bertahun-tahun melakukan pengujian, Angkatan Udara Amerika serikat (US Air Force) akhirnya meluncurkan satelit GPS pertama yang beroperasi penuh ke luar angkasa. Sebelumnya Angkatan Udara Amerika serikat telah merencanakan untuk meluncurkan satelit di Space Shuttle, tetapi mengubah rencananya setelah bencana Challenger pada tahun 1986 dan menggunakan roket Delta II sebagai gantinya.

1989 Magellan Corporation mengklaim sebagai yang pertama memasarkan di AS dengan perangkat navigasi genggam, Magellan NAV 1000.

·        Tahun 1990

Khawatir musuh militer mungkin menggunakan sistem GPS untuk keuntungan, Departemen Pertahanan AS memutuskan untuk sengaja mengurangi akurasi sistem.

·        Tahun 1994

FAA dan Bill Clinton memberitahu industri penerbangan di seluruh dunia bahwa dapat terus menggunakan sistem GPS gratis "untuk masa mendatang."

·        Tahun 1995

Putaran pertama sistem GPS akhirnya selesai pada tahun 1995 ketika "konstelasi" terakhir dari 27 satelit GPS yang beroperasi penuh diluncurkan ke luar angkasa. Dari 27 itu, tiga digunakan sebagai cadangan untuk dengan cepat mengganti salah satu dari 24 satelit aktif yang gagal. Satelit, yang beratnya antara tiga dan empat ribu pon, mengelilingi dunia dua kali sehari. Mereka terletak sehingga setidaknya empat dari mereka terlihat dari setiap tempat di bumi setiap saat sepanjang hari.

·        Tahun 1998

Wakil Presiden Amerika serikat Al Gore mengumumkan rencana untuk membuat satelit GPS mengirimkan dua sinyal tambahan yang akan digunakan untuk aplikasi sipil (non-militer), terutama untuk meningkatkan keselamatan pesawat. Kongres menyetujui rencana tersebut (disebut "GPS III") pada tahun 2000.

·        Tahun 1999

Produsen telepon seluler Benefon meluncurkan telepon GPS pertama yang tersedia secara komersial, telepon pengaman yang disebut Benefon Esc! Telepon GSM dijual terutama di Eropa, tetapi banyak telepon seluler berkemampuan GPS lainnya akan menyusul.

·        Tahun 2000

Departemen Pertahanan mengakhiri degradasi GPS yang disengaja, yang diterapkan sebelum Perang Teluk pertama. GPS menjadi sepuluh kali lebih akurat dalam semalam, dan semua jenis industri—mulai dari perikanan, kehutanan, hingga manajemen pengangkutan—segera mulai menggunakannya.

Perangkat GPS pribadi seperti perangkat navigasi mobil TomTom Start 45 menjadi sangat populer tak lama setelah pergantian abad.

·        Tahun 2001

Ketika teknologi penerima GPS menjadi jauh lebih kecil dan lebih murah, perusahaan swasta mulai mengeluarkan produk GPS pribadi, seperti perangkat navigasi dalam mobil dari Tom Tom dan Garvin.

·        Tahun 2004

Qualcomm mengatakan telah mengembangkan dan menguji teknologi "GPS berbantuan" yang memungkinkan ponsel menggunakan sinyal seluler yang dikombinasikan dengan sinyal GPS untuk menemukan pengguna dalam jarak beberapa kaki dari lokasi sebenarnya.

·        Tahun 2005

Satelit GPS generasi pertama yang disebut “Block II” diluncurkan dari Cape Canaveral. Generasi baru sinyal yang ditransmisikan satelit pada saluran sipil kedua yang berdedikasi.

·        Tahun 2009

Badan Akuntabilitas Pemerintah Amerika serikat (Government Accountability Office) mengeluarkan laporan yang memperingatkan bahwa upaya $5.8 miliar untuk meng-upgrade satelit GPS begitu penuh dengan masalah teknis, pembengkakan biaya, dan penundaan bahwa beberapa satelit bisa mulai gagal pada tahun 2010. Ini mengirim Air Memaksa berebut untuk menghilangkan ketakutan, dengan mengatakan, "Hanya ada risiko kecil bahwa kami tidak akan terus melampaui stkamur kinerja kami."

·        Tahun 2010 - 2011

Angkatan Udara meluncurkan dua satelit GPS baru, satu pada tahun 2010 dan satu pada tahun 2011

Inilah beberapa informasi yang membahas seputar teknologi GPS. Semoga dengan informasi yang diberikan membuat pengetahuan kamu bertambah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to " Apa itu GPS? Beserta Fungsi dan Sejarahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel