Statistiche web Apa itu Competitive Programming? Beserta Sejarah dan Manfaatnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu Competitive Programming? Beserta Sejarah dan Manfaatnya

Hallo Sobat Ambisius!!

Bagi setiap programmer pasti sudah tidak asing dengan istilah ‘competitive programming’ atau biasa disebut ‘pemograman kompetitif’, karena dalam mempelajari pemograman tentunya para programmer belajar tentang dasar hingga mencoba menyelesaikan masalah algoritma dari suatu soal.

A. Pengertian Competitive programming

Competitive programming merupakan kegiatan untuk memecahkan masalah pengkodean yang biasanya tersedia dalam bentuk soal kasus menggunakan algoritma dan struktur data.

Para peserta yang mengikuti competitive programming harus menyelesaikan soal dengan cara menuliskan baris kode lalu dikumpulkan ke website dalam format bahasa pemograman yang disediakan.

Umumnya platform yang menyediakan competitive programming menerapkan penilaian dari input, output jawaban, batas memori, waktu eksekusi, batas pengkodean, dan lainnya.

Soal – soal yang diberikan sangat bervariasi mulai dari level mudah, sedang, sulit. Hal ini bertujuan untuk memberikan tantangan bagi para peserta dalam menyelesaikan tiap level.

B. Manfaat Competitive programming

Berikut ini manfaat yang didapat jika kamu mengikuti competitive programming :

1. Meningkatkan kemampuan logika dan analisis

Competitive programming menyediakan soal dengan tipe kasus atau soal cerita. Dari soal tersebut kamu dapat meningkatkan kemampuan analisis dan logika dari apa yang soal berikan.

2. Meningkatkan kemampuan algortima

Dari soal yang diberikan kamu akan dituntut untuk menyelesaikan masalah dan mengubahnya dalam bentuk kode. Jika kamu sering berlatih kamu dapat meningkatkan kemampuan algoritma kamu.

3. Menambah koneksi pertemanan

Mungkin kamu dapat menambah teman baru, biasanya ditemukan di dalam forum diskusi seputar pemograman atau pun grup media sosial seputar pemograman. Tentu saja, hal ini merupakan hal yang positif selain kamu mendapat ilmu seputar pemograman kamu juga mendapatkan teman baru.

4. Memberikan nilai tambah untuk CV atau portofolio kamu

Biasanya jika peserta competitive programming menyelesaikan seluruh soal yang diberikan maka dia akan mendapatkan sertifikat. Dari sertifikat tersebut peserta dapat mencantumkan sertifikat pada cv dan portofolio mereka. Sehingga dapat menarik minat perusahaan untuk merekrut mereka.

C. Sejarah Competitive programming

Pada tahun 1970-an kontes competitive programming dilaksanakan oleh ACM-ICPC (International Collegiate Programming Contest). Hingga sekarang ICPC masih melaksanakan kontes competitive programming dan telah berkembang di 88 negara.

Minat terhadap tantangan pemrograman telah berkembang pesat setelah tahun 2000. Hal ini mungkin karena pertumbuhan Internet. Ini memungkinkan situs kontes pengkodean untuk mengadakan kontes internasional secara online.

Inilah informasi yang membahas Apa itu Competitive Programming? Beserta Sejarah dan Manfaatnya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu kamu dalam memahami seputar competitive programming. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Competitive Programming? Beserta Sejarah dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel