Statistiche web Cara Menghasilkan Uang dari Programming - Sobat Ambisius

Iklan 1

Cara Menghasilkan Uang dari Programming

Hallo Sobat Ambisius!!

Bagi seorang programmer menghasilkan uang tidak hanya melalui pekerjaan formal seperti bekerja di kantor. Banyak sekali programmer yang bekerja di luar perusahaan atau bahkan memulai usaha sendiri.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar bagaimana cara seorang programmer dapat menghasilkan uang selain bekerja secara formal di kantor?.

Berikut ini kami rangkum dalam 9 cara menghasilkan uang dari programming :

1. Freelance (pekerja lepas)

Ketika kamu menjadi freelancer maka kamu akan memiliki waktu kerja yang fleksibel. Contoh pekerjaan freelance bagi seorang progammer adalah desain website, les privat coding dan lainnya.

2. Game developer

Seorang programmer yang khusunya menekuni bidang game development, tentu saja memungkinkan untuk menjadi sebuah game developer. Pekerjaan game developer yaitu mengembangkan dan membuat sebuah game. Progammer tersebut akan mendapatkan uang jika dia menjual game yang telah dia buat ataupun jika dia memasangkan iklan pada game yang telah dia buat.

3. Web developer

Di zaman saat ini website sangat penting bagi semua pebisnis. Seorang programmer dapat bekerja sampingan(freelance) secara mandiri dalam mengembangkan dan membangun sebuah website. Dalam satu proyek saja dalam pembuatan website, seorang programmer bisa mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Membuat blog

Sebenarnya dalam pembuatan blog tidak harus dari latar belakang IT. Semua orang pun bisa dalam membangun blog asalkan memiliki niat dan usaha. Akan jika seseorang memiliki latar belakang IT (programmer) atau seorang web developer tentunya hal ini akan menjadi sangat mudah dalam mendesain template blog yang akan digunakan. Blog berisikan kumpulan artikel yang dapat dipasang iklan sehingga akan menambah pemasukkan.

5. Membuat channel youtube

Sama halnya dengan blog, seorang programmer dapat membuat channel youtube dan berisi konten seputar pemograman atau teknologi. Pada youtube setiap video yang memenuhi syarat maka akan bisa dipasangkan iklan. Hal ini akan menambahkan pemasukkan bagi orang tersebut.

6. Ikut Kompetisi

Banyak perlombaan yang dilakukan lembaga pemerintahan maupun swasta seputar kompetisi pemograman. Biasanya yang menjadi juara akan memenangkan sertifikat dan sejumlah uang tunai.

7. Membuka kursus pemograman

Seorang programmer dapat membuka kursus, umumnya kursus tersebut akan diikuti oleh para mahasiswa, masyarakat yang tertarik seputar pemograman , dan bahkan pelajar sekolah yang tertarik dengan dunia pemograman. Biaya yang dapat dihasilkan dari kursus pemograman relatif tergantung banyaknya siswa.

8. Menjual E-book

Seorang programmer dapat meproduksi buku karangannya sendiri. Buku tersebut umumnya dalam bentuk elektronik. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan zaman. Buku tersebut biasanya berisi materi seputar pemograman, matematika, struktur data dan lainnya.

9. Menjual software

Pada era saat ini banyak sekali marketplace yang menyediakan lapak gratis bagi pedagang. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi seorang programmer untuk dapat menjual software buatanya. Harga dari software tersebut relatif tergantung dengan fungsinya. Contoh software yang dijual seperti program mesin kasir, program anti virus dan sebagainya.

Inilah informasi yang membahas tentang Cara Menghasilkan Uang dari Programming. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu memahami informasi lebih dalam seputar dunia pemograman. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang dari Programming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel