Statistiche web Apa Itu Teknologi Multimedia ? Beserta Manfaat, Prospek, dan Jenisnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Teknologi Multimedia ? Beserta Manfaat, Prospek, dan Jenisnya

 Hallo Sobat Ambisius!!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar teknologi multimedia. Peran multimedia sangat penting di era sekarang ini, hal ini dikarenakan banyak hal yang membutuhkan kombinasi dari penggunaan grafik, audio, video dan sebagainya untuk berbagai keperluan.


A. Apa itu Teknologi Multimedia?

Teknologi multimedia merupakan teknologi yang menerapkan elemen komputer interaktif, seperti grafik, teks, video, suara, dan animasi, untuk menyampaikan pesan. Jika Kamu memiliki kemampuan untuk bekerja dengan komputer dan tertarik dengan media digital, baca terus untuk mengetahui peluang karir dan pendidikan yang tersedia dalam spesialisasi yang sedang berkembang ini.

B. Jenis – jenis Multimedia

1. Teks  

Bentuk di mana teks dapat disimpan dapat sangat bervariasi. Selain file berbasis ASCII, teks biasanya disimpan dalam file prosesor, spreadsheet, database, dan anotasi pada objek multimedia yang lebih umum. Dengan ketersediaan dan proliferasi GUI, font teks pekerjaan menyimpan teks menjadi kompleks yang memungkinkan efek khusus (warna, nuansa..). Teks, Mulai

2. Grafik

Ada perbedaan besar dalam kualitas dan ukuran penyimpanan (Format file gambar) untuk gambar diam (Bitmap - gif, jpg, bmp) (Vector - svg, pdf, swf, ps). Gambar digital adalah urutan piksel yang mewakili wilayah dalam tampilan grafis pengguna.

3. Audio

Tipe data yang semakin populer (format file audio) yang terintegrasi di sebagian besar aplikasi adalah Audio. Ini cukup intensif ruang. Satu menit suara dapat memakan ruang hingga 2-3 Mbs. Beberapa teknik digunakan untuk mengompresnya dalam format yang sesuai.

4. Animasi 

Ini melibatkan penampilan gerakan yang disebabkan oleh tampilan gambar diam satu demi satu. Seringkali, animasi digunakan untuk tujuan hiburan. Selain digunakan untuk hiburan, animasi dianggap sebagai bentuk seni. Hal ini sering ditampilkan dan dirayakan di festival film di seluruh dunia. Juga digunakan untuk tujuan pendidikan.

5. Video

Salah satu tipe data multimedia yang paling memakan ruang adalah video digital. Video digital disimpan sebagai urutan frame. Tergantung pada resolusi dan ukurannya, satu frame dapat mengkonsumsi hingga 1 MB. Juga untuk memiliki pemutaran video yang realistis, transmisi, kompresi, dan dekompresi digital memerlukan kecepatan transfer terus menerus.

6. Grafik Grafis (Objek) 

Ini terdiri dari struktur data khusus yang digunakan untuk mendefinisikan bentuk 2D & 3D di mana kita dapat mendefinisikan objek multimedia. Ini termasuk berbagai format yang digunakan oleh gambar, aplikasi pengeditan video.

C. Manfaat mempelajari multimedia

1. Pemahaman yang lebih dalam

Menurut penelitian, manfaat pembelajaran multimedia adalah memanfaatkan kemampuan otak untuk membuat hubungan antara representasi verbal dan visual dari konten, yang mengarah ke pemahaman yang lebih dalam, yang pada gilirannya mendukung transfer pembelajaran ke situasi lain. Semua ini penting di ruang kelas abad ke-21 saat ini, karena kami mempersiapkan siswa untuk masa depan di mana pemikiran tingkat tinggi, pemecahan masalah, dan keterampilan kolaboratif akan diperlukan.

2. Peningkatan pemecahan masalah

Sebagian besar otak manusia mendedikasikan dirinya untuk pemrosesan visual. Jadi, menggunakan gambar, video, dan animasi di samping teks merangsang otak. Perhatian dan retensi siswa meningkat. Dalam keadaan ini, dalam lingkungan pembelajaran multimedia, siswa dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan lebih mudah dibandingkan dengan skenario di mana pengajaran hanya dimungkinkan oleh buku teks.

3. Meningkatkan emosi positif

Menurut psikolog Barbara Fredrickson, mengalami emosi positif membuat orang melihat lebih banyak kemungkinan dalam hidup mereka. Penggunaan multimedia selama pembelajaran berdampak pada suasana hati siswa selama proses pembelajaran. Dengan sikap positif mereka belajar lebih baik dan cenderung lebih proaktif.

4. Akses ke berbagai macam informasi

Dengan komputer, tablet, smartphone, dan internet, siswa saat ini diperlengkapi dengan lebih baik dari sebelumnya untuk mencari dan menemukan informasi yang mereka butuhkan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 95% siswa yang memiliki akses ke internet, menggunakannya untuk mencari informasi online. Berbagi informasi dan berpartisipasi dalam diskusi kelas dilakukan dengan cara yang lebih percaya diri ketika akses informasi semudah sekarang ini.

5. Eksplorasi dunia

Dengan bantuan multimedia, anak-anak dapat menjelajahi dan belajar tentang tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Di kelas geografi, siswa dapat menjelajahi berbagai kota di dunia, gunung tertinggi, dan hutan paling berbahaya. Di kelas sains, eksplorasi luar angkasa dan planet sekarang dimungkinkan. Di kelas biologi, pembedahan hewan langka dan eksplorasi habitat yang berbeda seperti berjalan-jalan di taman bagi siswa yang memanfaatkan lingkungan pembelajaran multimedia.

Secara keseluruhan, lingkungan pembelajaran multimedia memiliki efek langsung pada pembelajaran dan bahkan pada pertumbuhan sebagai pribadi. Efek yang berbeda dan tidak dapat dicapai dengan mudah dengan menggunakan materi pendidikan tradisional. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis edtech semakin meningkat dan sekolah semakin ingin menciptakan lingkungan pembelajaran multimedia bagi siswanya.

D. Prospek multimedia di bidang industri

Ada banyak peluang kerja bagi para profesional teknologi multimedia di berbagai industri. Apa pun yang perlu dikomunikasikan kepada audiens dapat berisi gambar, teks, atau animasi digital dan cetak untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan. Kamu mungkin menemukan posisi dalam pemasaran atau periklanan. Kamu mungkin dipekerjakan dalam penerbitan dan bertanggung jawab untuk mengelola, merancang, atau memproduksi konten multimedia untuk situs web, surat kabar, dan majalah. Pilihan karir yang memungkinkan meliputi:

·        Seniman grafis

·        Fotografer digital

·        Desainer instruksional

·        Asisten produksi

·        Penerbit desktop

E. multimedia di bidang pendidikan

Dalam program gelar sarjana di bidang ini, Kamu dapat mempelajari teknik multimedia, cara menggunakan teknologi media komputer, dan membuat presentasi atau materi interaktif. Kamu mungkin dilatih untuk menggunakan perangkat lunak pengembangan situs web seperti Cascading Style Sheet atau Adobe Creative Suite, yang mencakup Photoshop, Flash, Illustrator, dan Dreamweaver. Kamu juga dapat mempelajari teknik desain menggunakan teknologi multimedia dan didorong untuk mengembangkan gaya kreatif Kamu sendiri dan membuat karya seni digital pribadi. Program ini biasanya berpuncak pada kelas portofolio, yang memungkinkan Kamu merancang portofolio untuk calon pemberi kerja. Kursus teknologi multimedia biasanya meliputi:

·        Media interaktif

·        Dasar-dasar desain situs web

·        Pencitraan elektronik

·        Fotografi pengantar

·        Animasi

·        Pemrograman multimedia

·        Desain Grafis

·        Pengeditan digital

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Teknologi Multimedia ? Beserta Manfaat, Prospek, dan Jenisnya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu memahami informasi lebih dalam seputar multimedia. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Teknologi Multimedia ? Beserta Manfaat, Prospek, dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel