Statistiche web Apa Itu Kebiasaan Digital? Beserta Contohnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Kebiasaan Digital? Beserta Contohnya

Hallo Sobat Ambisius!!

Pengunaan teknologi telah mempermudah hidup kita ldalam banyak hal. Kita dapat membeli pakaian atau bahan makanan dengan mengklik tombol, menavigasi kota-kota baru dengan mudah, menjawab email dan mengikuti perkembangan teman dan keluarga kita di seluruh dunia.

Namun terlepas dari segudang manfaatnya, teknologi juga membantu memicu kebiasaan terburuk kita seperti penundaan, kemalasan, dan pengeluaran berlebihan. Selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa masukan untuk mengevaluasi kembali hubungan kita dengan perangkat kita. 

A. Apa itu Kebiasaan Digital?

Kebiasaan digital (Digital habit) merupakan kegiatan atau rutinitas menggunakan teknologi secara berulang – ulang.

B. Contoh Kebiasaan Digital

Kebiasaan digital sudah sering kita temui dalam kehidupan sehari – hari, berikut ini contoh – contoh kebiasaan digital yang mungkin  kita lakukan :

1. Sulit untuk tidak menggunakan smartphone

Pastinya kehidupan kita tidak terlepas dari penggunaan smartphone, faktanya menurut kominfo 89% penduduk Indonesia sudah menggunakan smartphone. Hal ini tentunya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

2. Mengisi daya ponsel semalaman

Banyak di antara kita, ketika daya smartphone sudah mulai habis. Kita mengisi daya smartphone pada malah hari, agar ketika pagi smartphone kita memiliki daya penuh. Ini berbahaya bagi kesehatan apalagi jika posisi smartphone berdekatan dengan tubuh. Hal ini dikarenakan radiasi yang dihasilkan benda elektronik.

3. Kecanduan bermain game

Menurut WHO (world health organization), di Indonesia terdapat sekitar 6,1 % penduduk yang kecanduan game khususnya game online. Hal ini memberikan dampak buruk seperti berkurangnya produktivitas bagi generasi muda.

4. Posting secara berlebihan

Banyak sekali sosial media yang dapat kita gunakan mulai dari facebook, instagram, twitter dan lainnya. Dari sosial media yang ada terkadang kita menemukan pengguna yang seringkali memposting hal pribadi, itu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebocoran data.

5. Menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun

Mungkin kita mengangap menggunakan kata sandi yang berbeda pada tiap akun akan menyebabkan lupa kata sandi dan kehilangan akun. Akan tetapi jika kita menggunakan kata sandi yang sama apabila kata sandi tersebut di ketahui orang lain maka seluruh akun kita akan hilang.

6. Menggunakan lebih dari 1 perangkat

Tanpa kita sadari, salah satu kebiasaan digital kita adalah menggunakan lebih dari 1 perangkat contohnhya menggunakan 2 smartphone atau bahkan lebih.

Masih banyak lagi kebiasaan – kebiasaan digital yang seringkali kita lakukan. Selanjutnya kita akan membahas seputar cara mengatasi kebiasaan buruk dari kebiasaan digital.

C. Cara mengolah Kebiasaan Digital

Berikut ini cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut :

a)   Simpan perangkat yang digunakan anak-anak di ruang tamu daripada di kamar tidur.

b)   Pantau perangkat anak-anak Anda – Di mana pun Anda bisa, Anda harus menggunakan teknologi dengan anak-anak Anda dan Anda harus mendorong mereka.

c)   Fokus pada apa yang mereka lakukan secara online. Ketahui perangkat lunak, aplikasi, game apa yang mereka mainkan dan dengan siapa.

d)   Para ahli mengatakan: Anak-anak usia sekolah harus memiliki maksimal 1 jam per hari 50:50 antara konten pendidikan dan rekreasi. Batasi konten pasif (misalnya video YouTube) hingga beberapa jam per minggu.

e)   Tidak ada akses online selama satu jam sebelum tidur.

f)    Model perilaku digital yang baik (tidak ada telepon di meja makan/saat mengemudi/sms sambil berjalan dll).

g)   Hadiri presentasi keamanan keamanan siber.

h)   Peringatkan anak-anak tentang pentingnya privasi dan bahaya cyberbullying, predator, sexting, dan pornografi.

 Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Kebiasaan Digital? Beserta Contohnya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu memahami informasi lebih dalam seputar kebiasaan digital. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Kebiasaan Digital? Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel