Statistiche web Apa Itu Tranformasi Digital? Beserta jenis, Manfaat, dan Strateginya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Tranformasi Digital? Beserta jenis, Manfaat, dan Strateginya

 Hallo Sobat Ambisius!!

Pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi tidak dapat terbendung lagi. Setiap negara di dunia ini sudah terkena dampak dari perkembangan zaman. Salah satu dampak dari perkembangan zaman yaitu transformasi digital.

A. Apa itu Tranformasi Digital?

Transformasi digital merupakan sebuah proses integrasi teknologi digital ke dalam seluruh bidang bisnis, yang dimana secara keseluruhan mengubah cara pengoperasian dan memberikan nilai kepada pelanggan. Tranformasi Digitial juga merupakan perubahan budaya yang mengharuskan organisasi untuk terus menantang status quo, bereksperimen, dan merasa nyaman dengan kegagalan.

B. Mengapa transformasi digital penting?

Tujuan utama dari setiap transformasi digital adalah untuk meningkatkan proses Kamu saat ini. Transformasi digital penting karena perusahaan harus berevolusi agar tetap kompetitif di industrinya. Jika Kamu tidak berkembang, Kamu tertinggal.

Sebuah studi Bain & Company menunjukkan bahwa “hanya 8% perusahaan global yang mampu mencapai hasil bisnis yang ditargetkan dari investasi mereka dalam teknologi digital.” Salah satu strategi yang membedakan para pemimpin adalah mereka membelanjakan lebih banyak untuk mengubah bisnis mereka daripada hanya menjalankannya.

Transformasi digital penting karena memberikan kita kemampuan untuk beradaptasi dengan industri yang terus berubah, berkembang, dan terus meningkatkan cara mereka beroperasi.

C. Jenis – Jenis Transformasi Digital

MIT(Massachusetts Institute of Technology) Sloan School of Management  menyoroti tiga bidang utama transformasi digital untuk perusahaan:

1. Pengalaman Pelanggan

bekerja untuk memahami pelanggan secara lebih rinci, menggunakan teknologi untuk mendorong pertumbuhan pelanggan, dan menciptakan lebih banyak titik kontak pelanggan.

2. Proses Operasional

meningkatkan proses internal dengan memanfaatkan digitalisasi dan otomatisasi, memungkinkan karyawan dengan alat digital, dan mengumpulkan data untuk memantau kinerja dan membuat keputusan bisnis yang lebih strategis.

3. Model Bisnis

mengubah bisnis dengan menambah penawaran fisik dengan alat dan layanan digital, memperkenalkan produk digital, dan menggunakan teknologi untuk menyediakan layanan bersama secara global.

 

D. Manfaat Transformasi Digital

Transformasi digital bergantung pada berbagai faktor, teknologi yang tepat dapat sangat meningkatkan fungsi bisnis Kamu dan cara pelanggan terlibat dengannya.

 

1. Meningkatkan produktivitas sekaligus mengurangi biaya tenaga kerja

Menggunakan teknologi untuk bekerja lebih efisien adalah salah satu cara paling berdampak untuk mengubah bisnis Kamu. Contohnya, untuk mengembangkan perusahaan, waktu dan uang yang mereka habiskan untuk melatih karyawan baru dan memperbarui sumber daya digital dapat dengan cepat menjadi tidak terkendali. Dengan alat yang tepat, Kamu dapat menekan biaya dan meningkatkan produktivitas.

2. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Pelanggan yang paham teknologi menginginkan pengalaman hebat melalui berbagai titik kontak — aplikasi seluler, media sosial, email, obrolan langsung, dll. Transformasi digital adalah kekuatan pendorong di balik peningkatan pengalaman pelanggan.

3. Membuat Kamu Lebih Kompetitif di Industri Kamu

Pesaing Kamu mencari transformasi digital terlepas dari apakah Kamu atau tidak. Apabila kamu memilih untuk tidak menerima transformasi digital maka secara langsung kamu memutuskan bahwa kamu tidak keberatan untuk tertinggal.

E. Bagaimana Cara Mendorong Transformasi Digital?

Agar tranformasi digital berhasil, pertahankan momentum inisiatif apa pun yang bergerak menuju tujuan bisnis utama Kamu. Untuk melakukannya, persiapkan pendorong utama transformasi digital yaitu : kembaran digital, privasi, budaya, kecerdasan tambahan, dan manajemen produk digital.

Menurut Gartner (sebuah perusahaan riset teknologi) , CIO(chief information officer) perlu fokus pada lima area ini untuk memungkinkan transformasi digital yang sukses di organisasi mereka.

 

1. Kembaran Digital

Kembaran digital merupakan representasi digital dari entitas atau sistem dunia nyata. Implementasi kembaran digital adalah objek atau model perangkat lunak yang dienkapsulasi yang mencerminkan objek fisik, proses, organisasi, orang, atau abstraksi lainnya yang unik.

Kembar digital mendukung transformasi digital karena memfasilitasi eksperimen dan mengumpulkan data yang mendukung keputusan bisnis yang lebih tepat.

2. Pribadi

Jika Kamu tidak dapat mengelola privasi, transformasi digital Kamu akan gagal. Dengan semakin banyaknya solusi digital yang tersedia, organisasi cenderung mengikuti tren yang menawarkan lebih banyak kemudahan. Namun, penelitian Gartner mengungkapkan bahwa sebagian besar konsumen dan karyawan tidak rela mengorbankan keselamatan dan keamanan hanya demi kenyamanan.

CIO perlu memperhatikan privasi dengan serius. Karyawan dan konsumen tidak akan mendukung transformasi jika mereka merasa itu melanggar privasi atau keamanan data pribadi mereka.

3. Budaya

Resistensi terhadap perubahan adalah naluri manusia. Ketika Kamu mengabaikan aspek budaya dari transformasi digital, Kamu akan mulai memukul dinding perlawanan dengan cukup cepat. Faktanya, 46% CIO mengatakan budaya adalah penghalang terbesar mereka.

Mengatasi budaya memastikan Kamu mendapatkan dukungan internal untuk inisiatif transformasi Kamu. Saat Kamu memiliki pemimpin perubahan — pendukung vokal transformasi digital Kamu — Kamu dapat menggunakan suara mereka untuk mendorong inisiatif Kamu ke depan.

4. Kecerdasan yang Ditingkatkan

Kecerdasan tertambah melampaui kecerdasan buatan (AI), yang memungkinkan manusia dan mesin bekerja bersama-sama.

 

Kemampuan pengumpulan dan analisis data AI jauh melampaui kemampuan seorang pekerja manusia. Tetapi kecerdasan yang ditingkatkan bukan tentang mengganti karyawan dengan mesin — AI mengumpulkan dan menyajikan data dengan cara yang memungkinkan orang untuk menambah pengetahuan mereka.

5. Manajemen Produk Digital

Manajemen produk digital berfungsi sebagai pergeseran pola pikir dari proyek ke produk. Produk-produk tersebut harus dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan disampaikan melalui saluran digital.

Manajemen produk digital adalah tentang mengetahui industri Kamu dan merancang produk yang melayaninya. Misalnya, alih-alih mengharapkan industri perawatan kesehatan untuk menyelaraskan dengan penawaran Apple, Apple menciptakan jam tangan yang memantau kesehatan pemakainya.

CIO yang berfokus pada lima pendorong utama ini dapat tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan dengan terus meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka.

F. Tahapan – Tahapan Transformasi Digital

1. Bisnis seperti biasa, status quo (statis)

Keadaan organisasi Kamu saat ini.

2. Hadir dan aktif

Saat eksperimen di seluruh organisasi saat Kamu mendorong kreativitas dan meningkatkan keterampilan literasi digital.

3. Diformalkan

Ketika eksperimen menjadi lebih disengaja, inisiatif menjadi lebih jelas, dan Kamu mulai mencari dukungan kepemimpinan.

4. Strategis

itik ketika kelompok mulai berkolaborasi dan berbagi penelitian mereka untuk membuat rencana strategis untuk transformasi.

5. Terkonvergensi

Perumusan tim transformasi digital khusus yang akan memandu strategi, menetapkan tujuan, dan menerapkan sistem untuk mendukung transformasi.

6. Inovatif dan adaptif

Ketika transformasi digital menjadi bagian dari bisnis dan kepemimpinan menetapkan sistem untuk memantau teknologi dan tren pasar sehingga perusahaan dapat terus berkembang.

G. Alasan Umum Mengapa Transformasi Digital Gagal

Transformasi digital gagal karena berbagai alasan, tetapi sebagian besar masalah dapat dikaitkan kembali ke salah satu dari tiga hal: masyarakat, komunikasi, dan pengukuran.

1. Masyarakat

Orang dapat membuat atau menghancurkan transformasi digital Kamu. Ingat budaya adalah pendorong utama transformasi digital dan salah satu dari enam pilar kesuksesan. Jika Kamu tidak cukup fokus pada masyarakat dan budaya, inisiatif Kamu pasti akan gagal.

Enam belas dari 21 kunci sukses McKinsey dalam transformasi digital melibatkan masyarakat.

2. Komunikasi yang buruk

Mengumumkan inisiatif transformasi digital tidak sama dengan berkomunikasi dengan tim Kamu tentang hal itu. Seringkali, kepemimpinan hanya mengamanatkan perubahan tanpa meluangkan waktu untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana. Jika Kamu tidak memberikan panduan yang spesifik dan dapat ditindaklanjuti sebelum, selama, dan bahkan setelah transformasi, inisiatif Kamu tidak akan berhasil.

3. Kurangnya Pengukuran

Kamu tidak dapat memiliki transformasi digital yang sukses jika Kamu gagal mendefinisikan apa arti kesuksesan bagi Kamu. Perusahaan terkadang berasumsi bahwa mereka dapat memantau kesuksesan berdasarkan metrik kinerja utama yang telah mereka tetapkan untuk bisnis mereka. Tetapi jika Kamu mengubah cara Kamu melakukan bisnis, Kamu harus menetapkan metrik kinerja utama tambahan untuk memantau efeknya.

H. Apa itu Strategi Transformasi Digital?

Strategi transformasi digital adalah rencana tindakan untuk memperkenalkan, menganalisis, dan mendorong inisiatif transformasi digital ke depan. Strategi Kamu akan menentukan tujuan bisnis apa yang ingin Kamu capai melalui transformasi digital.

Strategi transformasi digital yang efektif akan menciptakan kerangka kerja untuk Kamu ikuti selama proses yang terus berkembang ini.

Dalam hal ini, Kamu dapat menelusuri lebih lanjut dan memantau metrik seperti:

·        Volume penjualan bulanan

·        Peluang tercipta

·        Produktivitas penjualan (misalnya, waktu yang dihemat, volume aktivitas penjualan per perwakilan)

·        Tarif masuk pengguna

·        Akun prospek dengan bidang utama terisi

Strategi yang dipikirkan dengan matang juga akan membahas bagaimana transformasi akan memengaruhi pelanggan dan karyawan Kamu. Mulailah secara internal dengan menunjuk pemimpin perubahan yang secara publik akan mendukung transformasi Kamu. Menempatkan pemimpin perubahan tepercaya untuk mengumumkan dan mendukung transformasi akan membantu menghasilkan momentum. Secara teratur meminta umpan balik dari siapa pun yang terpengaruh oleh perubahan juga akan membantu menjaga momentum.

Jangan lupa untuk menyertakan pencapaian tim Kamu sebagai bagian dari pelacakan kemajuan Kamu. Baik Kamu menunjukkan pencapaian kuantitatif, misalnya, peningkatan 10% dalam tingkat login pengguna, atau kualitatif, misalnya, Beth membuat grup Slack untuk menjawab pertanyaan tentang transformasi – merayakan pencapaian selama proses itu penting.

Pelanggan dan karyawan sama-sama akan beralih ke orang yang memulai transformasi untuk mendapatkan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk menjadi sukses. Terserah Kamu untuk menyediakan alat yang diperlukan.

Alat-alat itu mungkin datang dalam berbagai bentuk, tetapi jika Kamu membuat transformasi digital, kemungkinan besar, ada sumber daya digital yang dapat mendukung transisi Kamu. Apakah Kamu akan menggunakan alat e-learning untuk pelatihan? Bisakah video memungkinkan pengguna untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri? Ingatlah bahwa transformasi adalah sebuah evolusi, jadi memanfaatkan alat yang dapat beradaptasi dengan cepat, seperti platform adopsi digital, dapat menghemat waktu dan tenaga Kamu.

I. Teknologi Transformasi Digital yang Sering Digunakan :

  • Mobile phones and apps
  • Cloud computing
  • Internet of Things (IoT)
  • Digital twins
  • Artificial intelligence/machine learning

J. Pilar Transformasi Digital

Daniel Newman, analis utama dan mitra pendiri di Futurum Research, mengatakan untuk memahami dasar transformasi digital, Anda harus melihat dari dekat enam pilar transformasi digital.

Dia berpendapat bahwa transformasi digital bukan tentang teknologi; ini tentang "perubahan yang didukung teknologi." Dan, untuk melihat melampaui aspek teknologi, fokuslah pada pilar-pilar yang mendukung perubahan tersebut.

1. Pengalaman

Pengalaman dapat merujuk pada pengalaman pelanggan dan/atau karyawan. Transformasi digital yang sukses menghasilkan pengalaman positif bagi orang-orang yang terpengaruh olehnya. Tanyakan pada diri Anda sendiri — apakah inisiatif ini akan meningkatkan cara saya terhubung dengan pelanggan saya? Akankah transformasi membantu karyawan menjadi lebih efisien?

2. Rakyat

Ingat: budaya adalah pendorong utama transformasi digital sekaligus penghalang terbesarnya. Anda tidak dapat mengabaikan orang-orang yang terpengaruh oleh perubahan yang didukung teknologi dan mengharapkan hasil yang positif. Anda dapat memperkuat pilar orang dengan menunjuk pemimpin perubahan yang secara aktif mendukung dan mempercepat transformasi Anda. Kuncinya adalah merancang inisiatif yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman manusia.

3. Perubahan

Transformasi tidak dapat terjadi tanpa perubahan. Untungnya, Anda dapat mengatasi pilar perubahan dengan meminjam model manajemen perubahan yang telah terbukti dan praktik terbaik dalam komunikasi manajemen perubahan.

Pilar perubahan mendorong Anda untuk mengomunikasikan harapan Anda untuk transformasi dan menetapkan tujuan yang jelas. Pilar ini juga mengikat kembali pilar rakyat, karena tidak ada perubahan yang berhasil tanpa dukungan dari masyarakat yang terkena dampaknya.

4. Inovasi

Daniel Newman mendefinisikan inovasi sebagai "percikan kreativitas tiba-tiba yang mengarah pada penciptaan sesuatu yang mengubah wajah bisnis Anda."

Pilar inovasi berfokus pada penciptaan ruang untuk kolaborasi dan ide-ide baru. Inovasi mendukung transformasi digital dengan mendorong bisnis untuk menemukan solusi kreatif untuk masalah.

5. Kepemimpinan

Jika Anda tidak memimpin, tidak ada yang mengikuti. Sangat penting bagi para pemimpin untuk secara proaktif memantau tidak hanya rencana implementasi tetapi juga hasil dari setiap inisiatif transformasi digital. Adalah tanggung jawab kepemimpinan untuk menetapkan indikator kinerja utama (KPI) dan membimbing tim menuju transformasi yang sukses.

6. Budaya

Budaya bisnis adalah aspek penting dari transformasi digital. Newman merekomendasikan pendekatan orang-pertama — khawatir tentang pengalaman karyawan dan pelanggan terlebih dahulu dan kemudian beralih ke teknologi.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Tranformasi Digital? Beserta jenis, Manfaat, dan Strateginya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu kamu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Tranformasi Digital? Beserta jenis, Manfaat, dan Strateginya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel