Statistiche web Apa Itu Teknologi Smart Door Lock? Beserta Sejarah dan kelebihannya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Teknologi Smart Door Lock? Beserta Sejarah dan kelebihannya

Hallo Sobat Ambisius!!

Pada umumnya pintu memiliki gagang dan kunci yang bahan dasar materialnya berupa besi. Sistem kemanannya pun sederhana tinggal menggunakan sebuah kunci untuk membuka dan mengunci pintu tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar penggunaan teknologi smart door lock.

Smart Door Lock merupakan sebuah perangkat keamanan pada pintu yang memiliki fitur yang canggih dan modern dibandingkan sistem keamanan pintu tradisional.

Smart door lock (kunci pintar) memiliki harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada merk dan fitur yang diberikan.

Keuntungan menggunakan Smart Door Lock

1. Dapat terhubung ke smartphone.

Jika kita menggunakan pintu dengan sistem penguncian tradisional pastinya membutuhkan sebuah kunci yang selalu dibawa kemana – mana setiap kita akan bepergian. Apalagi kalo kuncinya hilang ataupun kita lupa meletakkan dimana?. Nah dengan teknologi smart door lock kita tidak perlu bingung dan repot jika ingin membuka pintu atau menguncinya. Karena kamu tinggal membuka atau mengunci dengan smartphone melalui bluetooth atau aplikasi.

 2. Dapat mendeteksi seseorang.

Banyak sekali kejadian tentang orang-orang yang terkunci di luar rumah, baik oleh diri mereka sendiri atau oleh anak - anak yang tidak mengerti bahwa ibu atau ayah tidak dapat kembali ke dalam setelah kunci itu dibuka.

Teknologi smart door lock dapat mendeteksi keberadaan kamu dan berperilaku sesuai. Tidak ada lagi rasa takut terkunci di dalam gedung atau di luar gedung. Kunci pintar juga dapat diprogram untuk mengenali orang lain berdasarkan keberadaannya, dan beberapa kunci pintar dapat bekerja sama dengan perangkat rumah lainnya untuk menyesuaikan preferensi pencahayaan dan suhu secara individual.

3. Desain futuristik

Penggunaan smart door lock selain memiliki fungsi untuk keamanan, teknologi ini memiliki fungsi lain yaitu mempercantik kunci pintu. Penampilan rumah menjadi lebih modern dan futuristik, sehingga dapat menjadi kebanggan tersendiri jika memilikinya.

4. Membuat keamanan rumah menjadi lebih sederhana

Teknologi ini memungkinkan kamu memberikan akses ke banyak orang seperti keluarga, teman atau orang – orang yang kamu percaya dan dapat melacak siapa yang masuk dan keluar dari rumah kamu kapan saja, siang atau malam. Dengan mengunduh aplikasi yang mendukung perangkat smart door lock, kamu dapat memantau dan mengontrol kunci rumah kamu dari jarak jauh dan menetapkan kode sandi baru bila diperlukan.

Dan masih banyak kelebihan dari penggunaan smart door lock ini.

Sejarah Pengembangan Teknologi Smart Door Lock

Pada awalnya kunci pintu pintar hampir identik dengan sistem keamanan rumah mewah ataupun hotel. Padahal, sejak masuknya kunci pintu pintar ke negara kita, sudah hampir 20 tahun sejarah perkembangannya. Namun, biaya kunci pintu pintar pada waktu itu masih sangat mahal, dan beberapa di antaranya tidak cukup baik dalam pengalaman.

Penggunaan paling awal dari kunci pintu pintar di negara ini adalah industri perhotelan. Kunci hotel semacam ini dibuka melalui kartu dan skema frekuensi radio lainnya, ini membawa kenyamanan bagi pengguna secara maksimal, dan juga membuat manajemen hotel lebih sederhana dan efektif, menghindari ketidaknyamanan penyimpanan dan kebingungan manajemen yang disebabkan oleh mekanik kunci.

Menurut White Paper Aplikasi dan Pengembangan Smart Lock 2017 yang dirilis oleh Alibaba bersama dengan sejumlah produsen kunci pintu pintar pada tahun 2017, kunci pintu pintar sering disajikan dalam bentuk kombinasi kata sandi dan sidik jari sebelum 2010, dan struktur kunci mekanis dipertahankan. Namun dalam penggunaan sebenarnya, kunci pintu semacam ini hampir merupakan solusi tunggal untuk masalah membuka kunci dan tidak ada fungsi lain yang berlebihan. Pada saat itu, kunci pintu pintar lebih seperti "kunci pintu elektronik", dan banyak kunci pintu hotel masih dalam bentuk ini.

Dari tahun 2011 hingga 2014, perusahaan produsen tampaknya mengeksplorasi arah yang lebih maju untuk kunci pintu pintar. Selama periode ini, kunci pintu pintar dikembangkan dari kunci pintu tunggal menjadi " kunci pintar omni-directional", yang menambahkan fungsi komunikasi kartu SIM. Meskipun kunci pintu tidak dapat dihubungkan saat ini, dimungkinkan untuk mengirim pesan teks ke ponsel pengguna dari jarak jauh, dan memiliki kemampuan keamanan jarak jauh tertentu.

Karena komunikasi kartu SIM bergantung pada sumber daya dan layanan nomor operator, jika terjadi serangan SMS kekerasan, kunci pintu elektronik cerdas mungkin mengalami masalah seperti kegagalan program dan ketidakmampuan untuk membuka. Kemajuan semacam ini jelas tidak bisa membuat kunci pintu menjadi "pintar". Kunci pintu pintar dengan fungsi jaringan adalah tren produk pengembangan masa depan.

Sejak 2015, semakin banyak kunci pintu cerdas. Dengan Internet of Things dan teknologi bio-locking sidik jari. Tamu pada zaman ini dapat mengatur kunci pintu pintar melalui aplikasi ponsel, dan kunci pintu pintar dapat dihubungkan dengan produk pintar di dalam ruangan untuk mencapai penerapan teknologi smart home seperti "lampu akan menyala ketika orang memasuki ruangan ". Dengan fungsi alarm jarak jauh waktu-nyata, semakin banyak kunci pintu pintar yang mulai mengadopsi inti kunci kelas-C, yang benar-benar meningkatkan keamanan kunci pintu pintar ke tingkat yang baru.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Teknologi Smart Door Lock? Beserta Sejarah dan kelebihannya. Semoga dari penjelasan tersebut dapat memberikan kamu informasi yang bermanfaat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Teknologi Smart Door Lock? Beserta Sejarah dan kelebihannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel