Statistiche web Apa Itu Literasi Data ? Beserta Manfaatnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Literasi Data ? Beserta Manfaatnya

Hallo Sobat Ambisius!!

Di bangku sekolah kita sudah tidak asing lagi dengan kata “literasi”. Akhir – akhir ini pun pemerintah sedang gencar melaksanakan literasi pada sekolah – sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu literasi data?.


A. Apa itu Literasi Data?

Literasi data menggambarkan kemampuan untuk membaca, bekerja dengan, menganalisis, dan berdebat dengan data, menurut para peneliti di bidang data yang bernama Raul Bhargava dan Catherine D'ignazio yang berasal dari MIT(Massachusetts Institute of Technology) dan Emerson College.

Akses mudah ke kumpulan data sangat penting untuk melatih keterampilan ini. Semua karyawan dalam organisasi yang terlibat dengan keputusan berdasarkan data harus belajar berpikir kritis tentang data yang mereka gunakan untuk analitik dan bagaimana mereka menilai dan menafsirkan hasil pekerjaan mereka. Tim bisnis dapat menemukan di mana data memerlukan klarifikasi untuk suatu proyek, misalnya. Analisis tambahan untuk menyediakan data penting dengan cepat dan membuat laporan lebih mudah dipahami adalah penting untuk literasi data. Bisnis harus mengambil langkah-langkah untuk mendidik karyawan mereka menjadi melek data.

B. Definisi lain mengenai Literasi Data

1. Menurut seorang konsultan yang bernama Amber Lee Dennis.

Literasi data melibatkan banyak orang sehingga tindakan dan keputusan mereka dapat mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik untuk perusahaan atau organisasi.”

2. Menurut perusahaan riset teknologi Gartner

Literasi data memiliki kemampuan untuk membaca, menulis dan mengkomunikasikan data dalam konteks, termasuk pemahaman tentang sumber data dan konstruksi, metode dan teknik analisis yang diterapkan, dan kemampuan untuk menggambarkan use case, aplikasi dan nilai yang dihasilkan.”

3. Menurut perusahaan media global Forbes

Literasi data menggunakan data secara efektif untuk tindakan dan hasil bisnis.”

4. Menurut perusahaan media informasi teknologi WhatIs.com

Literasi data bertujuan untuk memperoleh informasi yang bermakna dari data, seperti halnya literasi pada umumnya adalah kemampuan untuk memperoleh informasi dari kata-kata tertulis.”

5. Menurut Eastern Michigan University

“Literasi data berfungsi untuk memahami apa arti data: termasuk cara membaca grafik, menarik kesimpulan yang benar, dan mengenali kapan data digunakan untuk menyesatkan atau tidak tepat”.

C. Manfaat keterampilan dari Literasi Data :

1. Mengetahui data apa yang layak digunakan untuk tujuan tertentu.

2. Menafsirkan visualisasi data, seperti grafik dan bagan.

3. Berpikir kritis tentang informasi yang dihasilkan oleh analisis data.

4. Memahami alat dan metode analisis data serta kapan dan di mana menggunakannya.

5. Mengenali ketika data disalahartikan atau digunakan secara menyesatkan.

6. Mengkomunikasikan informasi tentang data kepada orang-orang yang tidak memiliki literasi data, suatu kemampuan yang kadang-kadang disebut sebagai data storytelling.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Literasi Data ? Beserta Manfaatnya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu memahami informasi lebih dalam seputar literasi data. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Literasi Data ? Beserta Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel