Statistiche web Apa Itu Internet marketing? Beserta kelebihan dan kekurangannya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Internet marketing? Beserta kelebihan dan kekurangannya

 Hallo Sobat Ambisius!!

Berdasarkan data statisik penggunaan internet dunia, sekitar 4,66 milyar jiwa manusia sudah menggunakan internet. Kurang lebih jumlah tersebut sama dengan 59,5%  populasi penduduk dunia.

Penggunaan internet sekarang sudah jadi kebiasaan masyarakat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Internet marketing beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Internet marketing?

Internet Marketing merupakan sebuah pemasaran internet yang mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk dan layanan secara online dan melalui sarana digital lainnya. Internet marketing dapat mencakup berbagai platform seperti:

·        Konten dan desain situs web

·        Media sosial

·        Konten blog

·        Pemasaran melalui Email

·        Pemasaran melalui video dan podcast

·        Pemasaran secara online

·        Sponsor dan promosi berbayar

Cara kerja Internet marketing

Internet marketing memanfaatkan penggunaan aktivitas online pelanggan untuk menghubungkan mereka dengan bisnis dengan menjangkau mereka di berbagai tempat di internet. Pemilihan jenis pemasaran internet yang digunakan untuk pemasaran bisnis bergantung pada model bisnis, jenis produk, target pelanggan, anggaran, dan banyak lagi.

A. Konten dan desain situs web

Ketika kamu memasarkan bisnis melalui metode konten dan desain situs website, biasanya website akan menampilkan informasi umum seputar perusahaan tersebut.

Berikut ini merupakan fitur – fitur yang dapat digunakan jika kita memasarkan bisnis melalui website :

·        Mendaftarkan atau login email pada website.

·        Menemukan informasi seperti kontak dan lokasi perusahaan melalui website.

·        Menemukan informasi seputar produk atau jasa layanan dari perusahaan melalui website.

·        Melakukan pembelian.

B. Media Sosial

Media sosial sangat berguna dalam memasarkan sebuah produk atau jasa. Kita dapat menyesuaikan target pasar berdasarkan umur dari pengguna media sosial.

Contohnya banyak sekali remaja yang menggunakan tik tok, oleh karena itu kita dapat memasarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kalangan remaja.

C. Konten blog

Blogging memungkinkan kamu meningkatkan SEO (search engine optimization)s itus web kamu dengan menambahkan artikel dan posting seputar kata kunci bertarget tertentu. Ini meningkatkan kemungkinan bahwa pelanggan akan menemukan dan mengunjungi situs web kamu sebagai hasil dari pencarian online.

Kamu juga dapat menulis untuk blog, majalah, atau situs web orang lain. Ini dapat meningkatkan audiens kamu dan menempatkan bisnis kamu di depan lebih banyak pelanggan potensial.

D. Email

Kamu dapat menggunakan email untuk mengirim surat langsung. Kumpulkan email pelanggan baik melalui pembelian atau pendaftaran situs web, lalu gunakan email untuk berbagi informasi penting, mendorong pembelian, dan membangun hubungan. Email memungkinkan kamu menjangkau pelanggan secara individu dan pribadi.

E. Video dan podcast

Beberapa pembuat konten yang membuat video atau podcast menggunakannya sebagai satu-satunya bisnis mereka. Selain itu, bisnis yang menggunakan platform video dan podcast berfungsi untuk membangun keahlian, terhubung dengan orang lain di industri, dan membuat saluran bagi pelanggan baru untuk menemukan dan mengembangkan minat pada produk atau layanan mereka.

F. Iklan online

Iklan bayar per klik yang ditempatkan di mesin pencari menargetkan istilah pencarian tertentu yang mungkin digunakan oleh calon pelanggan potensial. Iklan bertarget di media sosial yang dirancang untuk menjangkau segmen tertentu dari pengguna platform yang mungkin tertarik dengan produk, layanan, dan promosi bisnis kamu.

kamu juga dapat menempatkan iklan sisi di situs web orang lain atau di pemasaran email mereka. Pemasaran iklan secara online paling efektif jika relevan dengan apa yang dicari oleh calon customer.

G. Sponsor dan promosi berbayar

Kamu dapat menggunakan jasa influencer yang telah dibangun orang lain dengan sponsor atau promosi berbayar. Kampanye pemasaran ini memungkinkan kamu membayar seseorang yang audiensnya cocok dengan target pasar kamu untuk mendiskusikan, menggunakan, mempromosikan, atau membagikan produk dan layanan kamu dengan pengikut mereka.

Ini dapat meningkatkan pengenalan produk atau layanan dan mendorong penjualan, terutama jika kamu memasangkan kampanye dengan kode promo yang ditargetkan atau penawaran khusus.

Kelebihan dan kekurangan internet marketing

A. Kelebihan

1. Tidak membutuhkan terlalu banyak modal untuk memulai. Kamu dapat dengan mudah mulai membangunnya dengan kurang dari seribu dolar.

2. IM memberi Kamu fleksibilitas. Karena sebagian besar transaksi dilakukan secara online, Kamu dapat bekerja dengan kecepatan Kamu sendiri dan pada waktu yang Kamu pilih sendiri.

3. Bisnis Kamu buka 24 jam sehari setiap hari. Ini berarti Kamu masih akan menghasilkan uang secara online saat Kamu tidur di kenyamanan tempat tidur Kamu sendiri.

4. Pelanggan Kamu tidak terbatas hanya di lingkungan Kamu atau kota tetangga, itu sudah mendunia dan mereka dapat berbelanja kapan saja mereka mau.

5. Bereksperimen dan menguji produk atau layanan lebih murah

B. Kekurangan

1. Pemasaran internet membutuhkan banyak usaha dan kerja keras.

2. Jaring selalu berubah. Apa yang diminati dan populer sekarang mungkin tidak akan sama beberapa bulan dari sekarang sehingga Kamu harus terus-menerus mencari sesuatu yang baru agar bisnis Kamu dapat bertahan.

3. Berbagai macam persaingan produk ada di World Wide Web. Ingatlah bahwa Kamu bukan satu-satunya orang yang menawarkan layanan atau menjual produk. Ada banyak pemilik bisnis online yang menjual produk yang sama dengan Kamu.

4. Mendapatkan orang yang tepat untuk mengunjungi situs Kamu sama sulitnya dengan mencari prospek.

5. Sebagian besar situs pemasaran online tidak memiliki program layanan pelanggan/respon pertanyaan. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang merasa tidak mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk atau layanan tertentu karena yang mereka butuhkan adalah orang yang sebenarnya dapat mereka ajak bicara atau bertanya.

6. Orang cenderung berhati-hati karena terlalu banyak penipuan di internet.

7. Pemasaran online bukanlah skema cepat kaya yang bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Internet Marketing? Beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu kamu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Internet marketing? Beserta kelebihan dan kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel