Statistiche web Apa Itu Enkripsi Data ? Beserta Fungsi, Proses dan Solusinya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Enkripsi Data ? Beserta Fungsi, Proses dan Solusinya

 Hallo Sobat Ambisius!!

Jika kita melihat kata “Enkripsi”, maka kata tersebut sangat erat halnya dengan sistem keamanan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar enkripsi data.

A. Apa itu Enkripsi Data?

Enkripsi data menerjemahkan data ke dalam bentuk, atau kode lain, sehingga hanya orang yang memiliki akses ke kunci rahasia (secara resmi disebut kunci dekripsi) atau kata sandi yang dapat membacanya. Data terenkripsi biasanya disebut sebagai ciphertext, sedangkan data yang tidak terenkripsi disebut plaintext. Saat ini, enkripsi adalah salah satu metode keamanan data paling populer dan efektif yang digunakan oleh organisasi. Ada dua jenis utama enkripsi data - enkripsi asimetris, juga dikenal sebagai enkripsi kunci publik, dan enkripsi simetris.

B. Fungsi Utama Enkripsi Data

Tujuan dari enkripsi data adalah untuk melindungi kerahasiaan data digital karena disimpan pada sistem komputer dan ditransmisikan menggunakan internet atau jaringan komputer lainnya. Standar enkripsi data (DES) yang sudah ketinggalan zaman telah digantikan oleh algoritme enkripsi modern yang memainkan peran penting dalam keamanan sistem dan komunikasi TI.

Algoritma ini memberikan kerahasiaan dan mendorong inisiatif keamanan utama termasuk otentikasi, integritas, dan non-penolakan. Otentikasi memungkinkan verifikasi asal pesan, dan integritas memberikan bukti bahwa isi pesan tidak berubah sejak dikirim. Selain itu, non-repudiation memastikan bahwa pengirim pesan tidak dapat menolak pengiriman pesan.

C. Proses Enkripsi Data

Data, atau plaintext, dienkripsi dengan algoritma enkripsi dan kunci enkripsi. Proses tersebut menghasilkan ciphertext, yang hanya dapat dilihat dalam bentuk aslinya jika didekripsi dengan kunci yang benar.

Cipher kunci simetris menggunakan kunci rahasia yang sama untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan atau file. Meskipun enkripsi kunci simetris jauh lebih cepat daripada enkripsi asimetris, pengirim harus menukar kunci enkripsi dengan penerima sebelum dia dapat mendekripsinya. Karena perusahaan merasa perlu mendistribusikan dan mengelola sejumlah besar kunci dengan aman, sebagian besar layanan enkripsi data telah mengadaptasi dan menggunakan algoritme asimetris untuk menukar kunci rahasia setelah menggunakan algoritme simetris untuk mengenkripsi data.

Di sisi lain, kriptografi asimetris, kadang-kadang disebut sebagai kriptografi kunci publik, menggunakan dua kunci yang berbeda, satu publik dan satu pribadi. Kunci publik, seperti namanya, dapat dibagikan dengan semua orang, tetapi kunci pribadi harus dilindungi. Algoritma Rivest-Sharmir-Adleman (RSA) adalah sistem kriptografi untuk enkripsi kunci publik yang banyak digunakan untuk mengamankan data sensitif, terutama ketika dikirim melalui jaringan yang tidak aman seperti internet. Popularitas algoritme RSA berasal dari fakta bahwa kunci publik dan pribadi dapat mengenkripsi pesan untuk memastikan kerahasiaan, integritas, keaslian, dan tidak dapat dibantahnya komunikasi dan data elektronik melalui penggunaan tanda tangan digital.

D. Enkripsi Data Sementara

Metode serangan paling dasar pada enkripsi saat ini adalah brute force, atau mencoba kunci acak hingga ditemukan kunci yang tepat. Tentu saja, panjang kunci menentukan kemungkinan jumlah kunci dan mempengaruhi kemungkinan jenis serangan ini. Penting untuk diingat bahwa kekuatan enkripsi berbanding lurus dengan ukuran kunci, tetapi seiring dengan bertambahnya ukuran kunci, demikian juga jumlah sumber daya yang diperlukan untuk melakukan perhitungan.

Metode alternatif untuk memecahkan sandi termasuk serangan saluran samping dan kriptanalisis. Serangan side-channel terjadi setelah implementasi cipher, bukan cipher yang sebenarnya itu sendiri. Serangan ini cenderung berhasil jika ada kesalahan dalam desain atau eksekusi sistem. Demikian juga, kriptanalisis berarti menemukan kelemahan dalam sandi dan mengeksploitasinya. Kriptanalisis lebih mungkin terjadi ketika ada cacat pada sandi itu sendiri.

E. Solusi Enkripsi Data

Solusi perlindungan data untuk enkripsi data dapat menyediakan enkripsi perangkat, email, dan data itu sendiri. Dalam banyak kasus, fungsi enkripsi ini juga dipenuhi dengan kemampuan kontrol untuk perangkat, email, dan data. Perusahaan dan organisasi menghadapi tantangan untuk melindungi data dan mencegah kehilangan data karena karyawan lebih sering menggunakan perangkat eksternal, media yang dapat dipindahkan, dan aplikasi web sebagai bagian dari prosedur bisnis harian mereka. Data sensitif mungkin tidak lagi berada di bawah kendali dan perlindungan perusahaan karena karyawan menyalin data ke perangkat yang dapat dilepas atau mengunggahnya ke cloud. Hasilnya, solusi pencegahan kehilangan data terbaik mencegah pencurian data dan masuknya malware dari perangkat yang dapat dilepas dan eksternal serta aplikasi web dan cloud. Untuk melakukannya, mereka juga harus memastikan bahwa perangkat dan aplikasi digunakan dengan benar dan bahwa data diamankan dengan enkripsi otomatis bahkan setelah data tersebut keluar dari organisasi.

Seperti yang kami sebutkan, kontrol dan enkripsi email adalah komponen penting lainnya dari solusi pencegahan kehilangan data. Email terenkripsi yang aman adalah satu-satunya jawaban untuk kepatuhan terhadap peraturan, tenaga kerja jarak jauh, BYOD, dan outsourcing proyek. Solusi pencegahan kehilangan data utama memungkinkan karyawan Anda untuk terus bekerja dan berkolaborasi melalui email sementara perangkat lunak dan alat secara proaktif menandai, mengklasifikasikan, dan mengenkripsi data sensitif dalam email dan lampiran. Solusi pencegahan kehilangan data terbaik secara otomatis memperingatkan, memblokir, dan mengenkripsi informasi sensitif berdasarkan konten dan konteks pesan, seperti pengguna, kelas data, dan penerima.

Meskipun enkripsi data mungkin tampak seperti proses yang rumit dan menakutkan, perangkat lunak pencegahan kehilangan data menanganinya dengan andal setiap hari. Enkripsi data tidak harus menjadi sesuatu yang organisasi Anda coba selesaikan sendiri. Pilih perangkat lunak pencegahan kehilangan data teratas yang menawarkan enkripsi data dengan perangkat, email, dan kontrol aplikasi dan yakinlah bahwa data Anda aman.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Enkripsi Data ? Beserta Fungsi, Proses dan Solusinya . Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu memahami informasi lebih dalam seputar enkripsi data. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

2 Responses to "Apa Itu Enkripsi Data ? Beserta Fungsi, Proses dan Solusinya "

  1. Halo min, izin mengambil beberapa kata dari artikel enkripsi data, untuk tugas TIK sekolah saya. Terima kasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo! Silahkan kak, jangan lupa memberikan referensinya ya kak☺

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel