Statistiche web Apa Itu Data Security? Beserta Tipe dan Fungsinya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Data Security? Beserta Tipe dan Fungsinya

 Hallo Sobat Ambisius!!

Data merupakan hal yang paling penting bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan data dapat berupas foto, video, file ataupun hal – hal penting lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apasih data security itu?.

A. Apa itu Data Security?

Data Security merupakan proses melakukan perlindungan informasi digital dari akses tidak sah, korupsi, atau pencurian data di seluruh siklus. Data security memiliki konsep yang mencakup setiap aspek keamanan informasi mulai dari keamanan fisik perangkat keras dan perangkat penyimpanan hingga kontrol administratif dan akses, serta keamanan logis aplikasi perangkat lunak.

Ketika diterapkan dengan benar, strategi keamanan data yang kuat akan melindungi aset informasi organisasi dari aktivitas kejahatan dunia maya, tetapi juga melindungi dari ancaman orang dalam dan kesalahan manusia, yang merupakan salah satu penyebab utama pelanggaran data saat ini. Keamanan data melibatkan penerapan alat dan teknologi yang meningkatkan visibilitas organisasi ke tempat data penting berada dan bagaimana data tersebut digunakan. Idealnya, alat ini harus dapat menerapkan perlindungan seperti enkripsi, penyembunyian data, dan redaksi file sensitif, dan harus mengotomatiskan pelaporan untuk merampingkan audit dan mematuhi persyaratan peraturan.

B. Jenis - Jenis Data Security

1. Enkripsi

Menggunakan algoritme untuk mengubah karakter teks normal menjadi format yang tidak dapat dibaca, kunci enkripsi mengacak data sehingga hanya pengguna yang berwenang yang dapat membacanya. Solusi enkripsi file dan database berfungsi sebagai garis pertahanan terakhir untuk volume sensitif dengan mengaburkan isinya melalui enkripsi atau tokenisasi. Sebagian besar solusi juga mencakup kemampuan manajemen kunci keamanan.

2. Penghapusan Data

Lebih aman daripada penghapusan data stkamur, penghapusan data menggunakan perangkat lunak untuk sepenuhnya menimpa data pada perangkat penyimpanan apa pun. Ini memverifikasi bahwa data tidak dapat dipulihkan.

3. Penyamaran Data

Dengan menyembunyikan data, organisasi dapat mengizinkan tim untuk mengembangkan aplikasi atau melatih orang menggunakan data nyata. Ini menutupi informasi pengenal pribadi (PII) jika diperlukan sehingga pengembangan dapat terjadi di lingkungan yang sesuai.

4. Ketahanan Data

Ketahanan ditentukan oleh seberapa baik pusat data mampu bertahan atau memulihkan semua jenis kegagalan – mulai dari masalah perangkat keras hingga kekurangan daya dan peristiwa mengganggu lainnya.

C. Tujuan, kemampuan, dan solusi dari Data Security

Alat dan teknologi keamanan data harus mengatasi tantangan yang berkembang yang melekat dalam mengamankan lingkungan komputasi yang kompleks, terdistribusi, hibrid, dan/atau multicloud saat ini. Ini termasuk memahami di mana data berada, melacak siapa yang memiliki akses ke sana, dan memblokir aktivitas berisiko tinggi dan pergerakan file yang berpotensi berbahaya. Solusi perlindungan data komprehensif yang memungkinkan perusahaan mengadopsi pendekatan terpusat untuk pemantauan dan penegakan kebijakan dapat menyederhanakan tugas.

1. Alat penemuan dan klasifikasi data

Informasi sensitif dapat berada di repositori data terstruktur dan tidak terstruktur termasuk database, gudang data, platform data besar, dan lingkungan cloud. Solusi penemuan dan klasifikasi data mengotomatiskan proses mengidentifikasi informasi sensitif, serta menilai dan memulihkan kerentanan.

2. Pemantauan aktivitas data dan file

Alat pemantauan aktivitas file menganalisis pola penggunaan data, memungkinkan tim keamanan melihat siapa yang mengakses data, menemukan anomali, dan mengidentifikasi risiko. Pemblokiran dan peringatan dinamis juga dapat diterapkan untuk pola aktivitas abnormal.

3. Alat penilaian kerentanan dan analisis risiko

Solusi ini memudahkan proses pendeteksian dan pengurangan kerentanan seperti perangkat lunak yang kedaluwarsa, kesalahan konfigurasi, atau kata sandi yang lemah, dan juga dapat mengidentifikasi sumber data yang paling berisiko terpapar.

4. Pelaporan kepatuhan otomatis

Solusi perlindungan data yang komprehensif dengan kemampuan pelaporan otomatis dapat menyediakan repositori terpusat untuk jejak audit kepatuhan di seluruh perusahaan.

D. Strategi Data Security

Strategi keamanan data yang komprehensif menggabungkan orang, proses, dan teknologi. Menetapkan kontrol dan kebijakan yang tepat adalah pertanyaan budaya organisasi yang sama pentingnya dengan penerapan perangkat yang tepat. Ini berarti menjadikan keamanan informasi sebagai prioritas di semua area perusahaan.

1. Keamanan fisik server dan perangkat pengguna

Terlepas dari apakah data Kamu disimpan di tempat, di pusat data perusahaan, atau di cloud publik, Kamu perlu memastikan bahwa fasilitas diamankan dari penyusup dan memiliki tindakan pencegahan kebakaran dan kontrol iklim yang memadai. Penyedia cloud akan bertanggung jawab atas tindakan perlindungan ini atas nama Kamu.

2. Manajemen dan kontrol akses

Prinsip "akses paling tidak istimewa" harus diikuti di seluruh lingkungan TI Kamu. Ini berarti memberikan akses database, jaringan, dan akun administratif kepada sesedikit mungkin orang, dan hanya mereka yang benar-benar membutuhkannya untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

3. Keamanan dan penambalan aplikasi

Semua perangkat lunak harus diperbarui ke versi terbaru sesegera mungkin setelah patch atau versi baru dirilis.

4. Cadangan

Mempertahankan salinan cadangan yang dapat digunakan dan diuji secara menyeluruh dari semua data penting adalah komponen inti dari setiap strategi keamanan data yang kuat. Selain itu, semua cadangan harus tunduk pada kontrol keamanan fisik dan logis yang sama yang mengatur akses ke database utama dan sistem inti.

5. Pendidikan karyawan

Melatih karyawan tentang pentingnya praktik keamanan yang baik dan kebersihan kata sandi dan mengajari mereka untuk mengenali serangan rekayasa sosial mengubah mereka menjadi "firewall manusia" yang dapat memainkan peran penting dalam menjaga data Kamu.

6. Pemantauan dan kontrol keamanan jaringan dan titik akhir

Menerapkan rangkaian lengkap alat dan platform manajemen ancaman, deteksi, dan respons di seluruh lingkungan lokal dan platform cloud Kamu dapat mengurangi risiko dan mengurangi kemungkinan pelanggaran.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Data Security? Beserta Tipe dan Fungsinya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "Apa Itu Data Security? Beserta Tipe dan Fungsinya"

  1. Terima kasih atas informasi yang diberikan, sangat membantu tugas sekolah saya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel