Statistiche web Apa itu Teknologi E-Book? beserta sejarah, kelebihan, dan kekurangannya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu Teknologi E-Book? beserta sejarah, kelebihan, dan kekurangannya

Hallo Sobat Ambisius!!

Akhir – akhir ini E-Book atau Electronics Book sedang populer, mungkin kebanyakan dari kita bahkan lebih menyukai menggunakan E-Book di bandingkan dengan buku kertas.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar teknologi E-Book. Mulai dari sejarah singkat, pengertian, kelebihan ,dan kekurangannya.

Pengertian E-Book

E-Book (Electronics Book) merupakan suatu teknologi buku elektronik dimana penggunanya dapat mengunduh buku melalui sebuah jaringan internet dan dapat dibaca melalui perangkat elektronik. E-Book umumnya berbentuk PDF, Document.

Sejarah Singkat E-Book

Pada tahun 1930 Konsep buku elektronik pertama kali dirancang, seorang penulis bernama Bob Brown pertama kali menulis idenya tentang eReader yang memungkinkan pembaca membaca buku di layar setelah melihat "talkie" pertamanya (yaitu, film yang menyertakan suara).

Pada tahun 1949 seorang guru sekolah asal Spanyol yang bernama Angela Robles merancang sebuah eReader perangkat prototipe pertama. Setelah melihat murid-muridnya berjuang untuk membawa buku berat bolak-balik dari sekolah setiap hari, dia terinspirasi untuk menciptakan sebuah penemuan yang akan memungkinkan siswa untuk lebih mudah menangani beban membaca mereka.

Pada tahun 1949, Roberto Busa mulai membuat indeks elektronik beranotasi berat untuk karya-karya teolog Thomas Aquinas, yang akhirnya ia selesaikan pada tahun 1970. Karya digital ini awalnya disimpan di satu komputer tetapi akhirnya dirilis sebagai CD-ROM pada tahun 1989. Tetapi Ada beberapa perdebatan apakah Index Thomisticus, yang disiapkan oleh Roberto Busa dapat dianggap sebagai eBook pertama.

Pada tahun 60-an beberapa sejarawan menganggap beberapa proyek dari awal 60-an sebagai pendahulu dari eBook modern. Proyek-proyek ini termasuk proyek NLS (oN-Line System) yang dipimpin oleh Doug Engelbart di Stanford Research Institute (SRI), dan proyek Hypertext Editing System dan FRESS (File Retrieval and Editing System) yang dipimpin oleh Andries van Dam di Brown University.

Pada tahun 1971, mahasiswa Universitas Illinois Michael S. Hart diberi waktu komputer tak terbatas pada komputer mainframe Xerox besar di lab Material Research, yang terutama digunakan untuk pemrosesan data, tetapi juga terhubung ke ARPAnet (pendahulu Internet modern) . Michael S. Hart umumnya dikreditkan sebagai penemu eBook seperti yang kita kenal sekarang

Pada tahun 1997, E Ink Corporation mengembangkan teknologi yang memungkinkan layar digital memantulkan cahaya seperti kertas biasa tanpa memerlukan lampu latar. Rocket eBook adalah perangkat e-reader komersial pertama yang menggunakan teknologi ini. Teknologi ini akhirnya digunakan oleh beberapa produsen lain untuk membuat perangkat eReader baru, termasuk Amazon Kindle yang dirilis pada tahun 2007 dan menjadi eReader paling populer di dunia.

Kelebihan E-Book

·        Mengurangi penggunaan kertas

Dengan menggunakan E-Book disisi lain kita dapat membantu menjaga lingkungan karena berkurangnya penggunaan kertas.

·        Meminimalisir tempat penyimpanan

Karena penyimpanan E-Book melalui memori perangkat elektronik, jadi kita tidak perlu membeli rak buku untuk tempat penyimpanannya.

·        Mengurangi sampah

Sampah yang dihasilkan adalah sampah kertas. Dengan kita menggunakan E-Book maka dapat mengurangi produksi sampah kertas.

·        Biaya produksi murah

Jika dibandingkan buku kertas E-Book memiliki biaya produksi yang murah karena file E-Book dapat cukup 1 kali dibuat lalu dapat dibagikan.

·        Membantu modernisasi pendidikan

Pada saat ini kebanyakan sekolah atau universitas sudah menerapkan pembelajaran melalui E-Book hal ini karena terjadinya perkembangan teknologi.

Kekurangan E-Book

·        Membuat mata cepat lelah

Karena penggunaan E-Book menggunakan perangkat elektronik seperti : smartphone, komputer, laptop dan sebagainya tentu saja jika kita membaca dalam jangka waktu lama membuat mata lelah dan berair hal ini disebabkan kurangnya berkedip jika kita membaca melalui media elektronik.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa itu teknologi E-Book beserta sejarah, kelebihan dan kekurangannya. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to " Apa itu Teknologi E-Book? beserta sejarah, kelebihan, dan kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel