Statistiche web Apa Itu Flowchart Dalam Pemrograman? - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Flowchart Dalam Pemrograman?

Hallo Sobat Ambisius!!
Sebelumnya kita sudah pernah membahas seputar algoritma dan pseudocode. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari seputar pengertian, fungsi,sejarah, dan contoh dari flowchart.

A) Pengertian Flowchart

Flowchart merupakan diagram yang menggambarkan suatu proses, sistem atau algoritma komputer.

Penggunaan flowchart dapat digunakan di berbagai bidang, flowchart berfungsi untuk mempelajari, mendokumentasikan, merencanakan, meningkatkan, dan mengomunikasikan proses yang seringkali rumit dalam diagram yang jelas dan mudah dipahami.

Flowchart menggunakan persegi panjang, oval, belah ketupat, dan berbagai bentuk lain yang berpotensi untuk menentukan jenis langkah, bersama dengan panah penghubung untuk menentukan aliran dan urutan.

B) Simbol - simbol Flowchart

Perhatikan gambar berikut ini.


C) Panduan membuat Flowchart

1. Menentukan tujuan

Langkah awa yaitu tentukan tujuan kamu membuat flowchart. Untuk apa kamu membuat flowchart tersebut?. Pastikan kamu memahami alur pembuatan dari awal hingga akhir.

2. Identifikasi tugas dalam urutan kronologis

Proses ini mungkin melibatkan berbicara dengan peserta, mengamati proses atau meninjau dokumentasi yang ada. Kamu dapat menuliskan langkah-langkahnya dalam bentuk catatan, atau memulai bagan kasar.

3. Atur setiap proses berdasarkan jenis dan bentuk yang sesuai

Ketika kamu membuat flowchart sesuaikanlah setiap proses berdasarkan simbol – simbol yang ada.

4. Gambarlah flowchart kamu

Kamu dapat menggambar flowchart menggunakan beberapa aplikasi salah satu yang paling sederhana adalah microsoft word. Banyak sekali website atau aplikasi yang berfungsi untuk membuat flowchart untuk lebih lengkapnya klik disini. 

5. Konfirmasikan flowchart kamu

Pastikan pada tahap ini pastikan kamu amati setiap alur dari flowchart yang kamu buat pastikan tidak ada proses yang terlewat.

D) Contoh Flowchart

Berikut ini contoh flowchart yang diimplementasikan pada kehidupan sehari – hari :

a) Flowchart lampu

Berikut ini contoh flowchart dalam pemrograman :

a) Flowchart membandingkan 2 bilangan

b) Flowchart perkalian 2 bilangan


E) Sejarah Flowchart

Tahun 1920-an

Pada tahun 1921, dua orang insinyur industri yang bernama Frank dan Lillian Gilbreth memperkenalkan “Flow Process Chart” kepada American Society of Mechanical Engineers (ASME).

Tahun 1930-an

Pada awal 1930-an, insinyur industri bernama Allan H. Morgensen menggunakan alat Flow Proccess Chart dari Lillian Gilbreth untuk mempresentasikan konferensi tentang membuat pekerjaan lebih efisien bagi para pebisnis di perusahaannya.

Tahun 1940-an

Pada tahun 1940-an, dua mahasiswa yang bernama Art Spinanger dan Ben S. Graham, menyebarkan metode ini lebih luas. Spinanger memperkenalkan metode penyederhanaan kerja ke Procter and Gamble. Seorang direktur di Standard Register Industrial bernama Graham, mengadaptasi diagram alur proses untuk pemrosesan informasi. Pada tahun 1947, ASME mengadopsi sistem simbol untuk Flow Process Charts, yang diturunkan dari karya asli Gilbreths.

Pada akhir tahun 40-an, dua orang ilmuwan yang mempelajari ilmu di bidang komputer, matematika dan fisika, yang bernama Herman Goldstine dan John Van Neumann menggunakan diagram alur (flowchart) untuk mengembangkan program komputer, dan sejak saat itu penggunaan diagram menjadi semakin populer untuk semua jenis program komputer dan algoritma. Flowchart masih digunakan untuk pemrograman hari ini, meskipun terdapat penggunaan pseudocode yang berfungsi mengkombinasikan kata dan bahasa pengkodean yang dimaksudkan untuk membaca manusia, sering digunakan untuk menggambarkan tingkat detail yang lebih dalam dan mendekati produk akhir.

Di Jepang, Kaoru Ishikawa (1915-1989), tokoh kunci dalam inisiatif kualitas di bidang manufaktur, menyebut diagram alur sebagai salah satu alat utama pengendalian kualitas, bersama dengan alat pelengkap seperti Histogram, Lembar Periksa, dan Diagram Sebab-Akibat. , sekarang sering disebut Diagram Ishikawa.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa itu Flowchart dalam pemrograman?. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat membuat Sobat Ambisius menjadi lebih semangat dan dapat memahami penggunaan dari flowchart. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Flowchart Dalam Pemrograman?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel