Statistiche web Perbedaan Saklar dan Stop kontak - Sobat Ambisius

Iklan 1

Perbedaan Saklar dan Stop kontak

Hallo Sobat Ambisius!!

Saklar dan stop kontak merupakan dua benda yang berbeda dan benda – benda tersebut dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita.

Pada Kehidupan sehari – hari kita sangat membutuhkan listrik, pastinya kita sangat familiar jika mendengar kata ‘stop kontak’ dan ‘saklar’. Tetapi masih banyak di antara kita yang kesulitan membedakan saklar dengan stop kontak .

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas perbedaan saklar dan stop kontak.

A.  Saklar

Saklar merupakan sebuah alat kelistrikan yang berbentuk seperti tombol yang berfungsi untuk menyambungkan atau memutus sebuah aliran listrik dari sumbernya.

Aliran listrik sebenarnya akan terus mengalir yang bisa menghentikan aliran tersebut adalah saklar. Saklar memiliki fungsi mirip dengan keran air, keran air dapat mengeluarkan aliran air dan menutup aliran air. Jika terjadi kerusakan pada saklar, sebaiknya harus segera diganti karena ditakutkan menyebabkan korsleting listrik.

Contoh penggunaan saklar ketika kita ingin menyalakan atau mematikan  lampu maka kita dapat mnekan saklar. Ketika saklar ditekan maka dapat memotong dan menyambungkan aliran listrik yang menuju ke beban listrik.

B.  Stop Kontak

Stop kontak merupakan sebuah alat kelistrikan yang berbentuk seperti lubang, berfungsi sebagai terminal atau sumber aliran listrik untuk dihubungkan ke berbagai alat kelistrikan. Umumnya stop kontak memiliki 2 lubang colokan, tetapi ada yang lebih dari itu.

Stop kontak ada juga yang digabungkan dengan saklar. Sehingga dapat berfungsi lebih baik dibandingkan dengan stop kontak saja. Karena inovasi teknologi semakin maju, sekarang terdapat stop kontak cover yang dapat membuat stop kontak terlindungi dari air. Sehingga stop kontak dapat dipasang di luar ruangan.

Kesimpulannya dari informasi diatas saklar berfungsi untuk menyambungkan atau memotong aliran listrik, sedangkan stop kontak untuk mengalirkan sumber arus listrik agar dapat digunakan benda elektronik lain.

Inilah informasi yang membahas tentang Perbedaan Saklar dan Stop kontak. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Saklar dan Stop kontak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel