Statistiche web Perbedaan Laptop Dan Notebook - Sobat Ambisius

Iklan 1

Perbedaan Laptop Dan Notebook

Hallo Sobat Ambisius !!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan laptop dan notebook. Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa laptop dan notebook itu sama karena bentuknya yang serupa, akan tetapi faktanya notebook dan laptop itu berbeda.

Laptop merupakan sebuah mini computer atau bisa juga kita sebut komputer portable yang berfungsi mempermudah suatu pekerjaan manusia karena laptop dapat di masukkan ke dalam tas dan mudah untuk dibawa.  Tidak lama kemudian muncul sebuah istilah yaitu ‘notebook’. Untuk pengertian sendiri notebook memiliki pengertian yang sama dengan laptop.

Sebelum adanya laptop dan notebook, manusia menggunakan personal computer (pc) dalam melakukan sebuah pekerjaan. Akan tetapi pc memiliki kekurangan yaitu tidak praktis dan sulit untuk di bawa. Seiring perkembangan zaman, manusia mampu menciptakan sebuah komputer portable.



Perbedaan antara laptop dengan notebook :

1.    Ukuran Layar

Salah satu cara mudah untuk membedakan laptop dengan notebook dengan cara melihat ukuran layarnya. Pada laptop umumnya memiliki ukuran layar lebih dari 18 inchi, sedangan notebook memiliki ukuran layar 13 sampai 18 inchi.

2.   Berat

Hal yang membedakan antara laptop dan notebook selajutnya adalah berat. Laptop umumnya memiliki berat diatas 3 kg, sedangkan notebook lebih ringan jika dibandingkan laptop yaitu memiliki berat sekitar 1 – 2 kg.

3.   Ram dan Kapasitas penyimpanan

Tentu saja ukuran ram dan kapasitas penyimpanan pada laptop lebih besar jika dibandingkan dengan notebook. Hal ini dikarenakan laptop memiliki spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan notebook, laptop juga seringkali digunakan dalam melakukan pekerjaan berat.

4.   Kapasitas Baterai

Laptop umumnya memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan notebook. Tetapi soal ketahanan konsumsi daya notebook biasanya lebih unggul dari pada laptop. Karena pada komponen notebook memiliki ruang kosong ekstra sehingga dapat digunakan untuk mengeluarkan udara panas yang dihasilkan processor.

5.   DVD ROM

DVD ROM merupakan tempat yang digunakan untuk memasukkan sebuah DVD yang biasanya berisi file instalasi sebuah software ataupun file lainnya. Pada laptop biasanya memiliki sebuah DVD ROM, sedangkan notebook tidak memiliki DVD ROM. Namun kita tidak perlu khawatir jika tidak memiliki DVD ROM karena di pasaran banyak sekali pilihan DVD ROM eksternal dari berbagai merk.

6.   Spesifikasi kartu grafis (VGA)

Umumnya laptop memiliki kartu grafis yang lebih canggih jika dibandingkan notebook, hal ini dikarenakan laptop sebagai alternatif pilihan perangkat selain pc. Maka biasanya digunakan untuk melakukan hal – hal berat seperti bermain game berat, video editing dan lainnya.

7.   Harga

Laptop memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan notebook. Harga laptop mulai dari jutaan rupiah bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Dari informasi diatas dapat disimpulkan bahwa untuk spesifikasi laptop lebih unggul jika dibandingkan  dengan notebook. Laptop dapat digunakan untuk mengerjakan tugas berat, sedangkan untuk notebook biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas – tugas ringan dan memiliki harga yang lebih murah.

Jika kamu masih bingung dalam memilih laptop atau notebook maka silahkan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu. Dalam memilih laptop dan notebook kamu dapat melihat spesifikasi. Apakah spesifikasi laptop atau notebook tersebut dapat menunjang pekerjaanmu.

Inilah informasi yang membahas tentang Perbedaan Laptop Dan Notebook. Diharapkan dengan informasi ini sobat ambisius dapat menambah pengetahuan tentang laptop dan notebook. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Laptop Dan Notebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel