Statistiche web Perbedaan Integrated Dan Dedicated Pada VGA - Sobat Ambisius

Iklan 1

Perbedaan Integrated Dan Dedicated Pada VGA

Hallo Sobat Ambisius !!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas VGA(video graphics array), atau yang biasa disebut kartu grafis, graphics card atau GPU. Kebanyakan laptop atau komputer di zaman sekarang  yang kita gunakan sehari – hari memiliki VGA. VGA sangat penting untuk laptop dan komputer kamu, karena berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar monitor.

Terdapat dua jenis tipe pada graphics card, yaitu intregrated VGA dan dedicated VGA. Dari masing – masing jenis tersebut terdapat kelebihannya masing – masing, yang dapat menjadi pertimbangan untuk kamu jika ingin membeli sebuah laptop atau merakit sebuah pc.

·       Dedicated VGA

Dedicated VGA umumnya digunakan untuk proses gambar 3d dan hal lain yang berhubungan dengan grafis. Secara teknis  dedicated VGA sama seperti processor bedanya adalah VGA berfungsi untuk memproses gambar.

  •  Kelebihan Dedicated VGA

1.    Mampu melakukan processing gambar lebih komplex, hal ini dikarenakan dedicated VGA memiliki VRAM(video ram).

2.    Memiliki speed processing yang lebih cepat dibandingkan intregated VGA. Hal ini dapat membuat pc kamu dapat menjalankan graphics HD dan sangat cocok terutama untuk kamu yang suka bermain game atau render 3D.

3.    Memiliki pendingin sendiri yang berfungsi menjaga suhu dan performa dari processor.

Akan tetapi dari segala kelebihan diatas dedicated VGA umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan inregated VGA.

·       Intregated VGA

Pada dasarnya integrated VGA adalah CPU(Central Processing Unit). Lebih tepatnya processing unit yang dibagi untuk proses gambar, intregated VGA umumnya digunakan untuk pemakaian harian dengan tugas – tugas ringan. Karena jika digunakan untuk penggunaan berat seperti render 3D dan memainkan game berat akan berdampak terhadap suhu processor yang meningkat dan dapat menyebabkan kerusakan komponen pada pc kamu.

  •  Kelebihan Integrated VGA

1.   Integrated VGA umumnya digunakan untuk Laptop hal ini dikarenakan integrated VGA dapat menghemat biaya dan memperkecil dimensi laptop.

2.   Harga yang lebih murah dibandingkan dedicated VGA

3.   Ukuran yang lebih ramping dan hemat daya.

Jika pada dedicated VGA dapat menggunakan memorinya sendiri, hal ini berbeda dengan integrated VGA yang tidak dapat menggunakan memori atau RAM-nya sendiri melainkan menggunakan memori yang ada pada komponen sistem. Artinya berapapun jumlah RAM yang terinstal pada sebuah komputer, maka penggunaan VGA tersebut juga akan menyesuaikan dengan jumlah RAM yang tersedia.

Inilah informasi yang membahas tentang Perbedaan Integrated Dan Dedicated Pada VGA. Tentu saja semua pertimbangan tersebut dapat dilihat dari kebutuhan, kemampuan, dan selera masing – masing individu dalam memilih sebuah VGA. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

0 Response to "Perbedaan Integrated Dan Dedicated Pada VGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel