Statistiche web Perbedaan Barcode dan Qrcode - Sobat Ambisius

Iklan 1

Perbedaan Barcode dan Qrcode

 Hallo Sobat Ambisius!!

Tentu saja di era yang modern sekarang ini kita pasti pernah mendengar tentang Qrcode dan Barcode. Dan sering kali melihat kedua code tersebut baik di suatu barang, suatu aplikasi dan tempat lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan Qrcode dengan Barcode.

A.  Barcode

Barcode merupakan kode yang berisi kombinasi garis – garis yang memiliki perbedaan jarak, perbedaan ketebalan garis dan memiliki kombinasi angka. Hal ini bertujuan untuk memasukkan sebuah data pada komputer.

Umumnya kita menemukan penggunaan barcode ketika kita sedang berbelanja, posisi barcode biasanya terletak di bagian bawah belakang kemasan suatu produk.

Barcode berfungsi untuk mempermudah atau mempercepat transaksi pembelian. Sebelum adanya barcode kasir melakukan input penjualan secara manual dengan menggunakan nama produk atau kode produk. Hal ini tidak efektif karena dapat membuat proses antrian kasir menjadi panjang, memakan waktu, dan mempersulit kasir.

Barcode biasanya berisi informasi berupa nomor seri, nomor model, kode identitas, dan lain sebagainya. Sehingga dapat lebih mudah diidentifikasi oleh sistem komputer.

Komputer tidak dapat membaca data yang terdapat pada barcode secara langsung. Oleh karena itu sebelumnya, kode yang ditangkap harus diterjemahkan dulu dalam format data yang dapat dibaca oleh komputer. Alat tersebut dinamakan barcode reader atau bisa disebut barcode scanner.

B.  QR Code

Qrcode (kode qr) merupakan sebuah barcode 2 dimensi yang memiliki arti quick respons (QR), sesuai dengan namanya maka isi kode dapat di identifikasi dengan cepat dan tepat. Qrcode juga dapat disebut sebagai interface platform karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Di zaman sekarang Qrcode seringkali digunakan pada aplikasi dompet digital biasanya untuk melakukan pembayaran, sehingga pengguna tidak perlu repot – repot untuk melakukan pembayaran. Qrcode juga dapat digunakan untuk mencantumkan sebuah link formulir pendaftaran online, dan lain sebagainya.

Jenis Qrcode

1.   Qrcode Static

Qrcode static biasanya berisi tautan ke halaman web yang ketat. Qrcode static tidak dapat diubah.

2.   Qrcode Dynamic

Qrcode Dynamic merupakan Qrcode yang berisi sebuah url singkat yang kemudian dialihkan ke halaman web yang lain. Qrcode dynamic dapat digunakan secara terus menerus dan dapat berubah.

Cara kerja Qrcode

Qrcode biasanya memiliki 3 kotak besar yang menggambarkan pembatas kode. Sedangkan kode yang lebih kecil berguna untuk mengukur besar kotak. Beberapa komponen yang berada ditengah kode berisi pola waktu, data informasi, dan lainnya. Qrcode dapat di scan menggunakan smartphone ataupun scanner.

Kesimpulan dari informasi diatas yaitu kita dapat mengetahui perbedaan Barcode dan Qrcode. Masing – masing dari code tersebut memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda – beda.

Inilah informasi yang membahas tentang Perbedaan antara Barcode dan Qrcode. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Barcode dan Qrcode"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel