Statistiche web Perbedaan Antara Layar LCD Dan Layar LED - Sobat Ambisius

Iklan 1

Perbedaan Antara Layar LCD Dan Layar LED

Hallo Sobat Ambisius !!

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini teknologi visual semakin hari semakin berkembang, diawali dengan lahirnya layar LCD yang memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dari pada layar tv tabung. Selain itu layar yang lebih ramping dan memiliki bobot yang lebih ringan. Setelah itu muncul layar generasi terbaru yaitu layar LED yang memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan layar LCD.

Tentu saja pada kehidupan sehari – hari kita menggunakan peralatan elektronik terutama smartphone, tablet, komputer, televisi dll. Peralatan elektronik tersebut dapat mempermudah kita meringankan pekerjaan, tugas sekolah, berdagang dan masih banyak manfaat lainnya. Di zaman sekarang umumnya peralatan elektronik tersebut menggunakan layar berupa LCD ataupun LED.



Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar perbedaan layar LCD dengan layar LED pada peralatan elektronik seperti televisi, komputer, smartphone dan lainnya.


·       Layar LCD

LCD (Liquid Crystal display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat elektronik seperti televisi kalkulator, layar PC, laptop dan lain sebagainya kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk PC maupun notebook.

Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya atau pixel yang terdiri dari satu buah kristal cair, sebagai sebuah titik cahaya walaupun disebut sebagai titik cahaya kristal cairan ini tidak memancarkan cahaya sendiri.

Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih yang berada di belakang susunan kristal cair tersebut titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul.

Oleh karena itu setiap warna akan mengalami filterisasi cairan kristal ini bisa memancarkan warna ketika dikenai suatu energi tertentu akibat adanya proses eksistansi elektron teknologi ini biasanya digunakan untuk membuat monitor kristal yang kita kenal dengan sebutan monitor LCD.

a.   Kelebihan layar LCD

1.   Memiliki harga yang lebih murah di bandingkan layar LED.

2.   Hemat daya jika di bandingkan layar tabung, karena layar LCD dapat menghemat daya listrik hingga 30% dari monitor CRT.

3.   Mengeluarkan sedikit panas jika dibandingkan dengan layar tabung, karena layar LCD lebih hemat daya.

4.   Memiliki resolusi yang tinggi, gambar yang lebih cerah dengan kontras warna yang kuat, karena layar LCD menggunakan teknologi CCFL Backlight.

5.   Memiliki bentuk yang ramping dan berat yang ringan, dengan bentuk yang ramping dan ringan maka layar lcd mudah dibawa dan tidak memakan tempat.

b.   Kekurangan layar LCD

1.   Terbatasnya sudut pandang. Contohnya jika kita melihat layar dari berbagai sisi maka akan memiliki efek, yaitu warna gambar yang dihasilkan sering berbeda.

2.    layar LCD umumnya lebih sensitif. Jadi, kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

 

·       Layar LED

LED (light emitting diode) teknologi ini mirip dengan LCD yang menggunakan kristal cair namun dari segi pencahayaannya LED menggunakan array yang lebih sedikit efisien yaitu lightening diode untuk menerangi layar.

a.   Kelebihan layar LED

1.   Layar LED lebih hemat daya bahkan ada yang mencapai 50% daya energi listrik pada layar LCD, karena LED material yang digunakan adalah light emitting diode inilah yang menyebabkan konsumsi listrik LED lebih rendah dibanding dengan LCD.

2.   LED punya kemampuan kerja lebih lama dibanding dengan layar LCD apalagi jika dibandingkan dengan tv tabung atau layar tabung salah satu faktor yang buat LED lebih tahan lama adalah penggunaan teknologi pencahayaan yang tidak butuh konsumsi listrik yang besar dengan konsumsi listrik rendah maka PANEL LED yang ada di dalam layar tersebut pun cenderung lebih dingin dan tahan lama.

3.   Layar LED memiliki ukuran dan dimensi monitornya sangat tipis, sehingga secara artistik terlihat lebih elegan dan lebih cantik.

4.   Kontras gambarnya yang amat tajam bahkan bisa mencapai jutaan piksel.

5.   Lebih ramah lingkungan, karena layar LED tidak menggunakan halogen timbal dan merkuri serta zat-zat berbahaya lainnya.

b.   Kekurangan layar LED

1.   Harga layar LED lebih mahal jika di bandingkan layar LCD

2.   Jika terjadi kerusakan pada layar LED biaya sparepartnya cenderung mahal.

 

Inilah informasi yang membahas tentang Perbedaan Antara Layar LED Dan Layar . Diharapkan dengan informasi ini sobat ambisius dapat menjadi lebih memahami dan dimudahkan dalam memilih jenis layar LED ataupun LCD. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

0 Response to "Perbedaan Antara Layar LCD Dan Layar LED"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel