Statistiche web Cara Mengetahui Tipe Perangkat Melalui MAC Address - Sobat Ambisius

Iklan 1

Cara Mengetahui Tipe Perangkat Melalui MAC Address

Hallo Sobat Ambisius!!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui tipe atau sebuah merk dari perangkat berdasarkan MAC address. Sebelum itu kita akan bahas secara singkat mengenai apa itu MAC address ?


MAC Address (Media Control Access) Secara sederhana merupakan sebuah alamat pada setiap perangkat elektronik yang terhubung pada suatu jaringan yang sama, umumnya pada sebuah wifi. MAC address memiliki fungsi sebagai pembeda alamat setiap perangkat keras dalam jaringan, sehingga tidak menyebabkan gangguan jaringan diantara perangkat elektronik yang terhubung. MAC address bersifat statis (tidak berubah).

Contohnya ketika kamu membuka alamat ip dari router wifi kamu untuk melihat informasi ada wifi yang kamu gunakan. Maka kamu dapat melihat MAC address dari perangkat yang terhubung pada wifi yang kamu gunakan. Selain itu MAC address umumnya dapat kita lihat juga dari pengaturan informasi spesifikasi perangkat tersebut atau dari cmd jika menggunakan laptop atau komputer.

MAC addres biasanya memiliki panjang 12 kode campuran huruf dan angka contohnya 94: 2D : DC : CF : 77 :20. Dari contoh MAC address tersebut kita dapat mengetahui sebuah merk atau dari pabrikan mana perangkat tersebut berasal.

Berikut ini merupakan langkah – langkah mengetahui merk atau tipe perangkat yang terhubung pada jaringan yang sama :

1. Cari MAC Addresnya

Cara mudah melihat MAC address yang terhubung 1 jaringan dengan wifi kamu adalah dengan login ke halaman ip dari router. Dan disana nantinya akan terlihat beberapa MAC address yang terhubung ke jaringan yang sama dengan jaringanmu.

2. Ketikkan ‘mac address check’ pada pencarian google

Pada pencarian google maka banyak web tools yang dapat kamu gunakan untuk mencari tipe atau merk perangkat dari MAC address. Kamu dapat memilih salah satu dari web tools tersebut.

3. Masukkan mac address yang ingin kamu cari informasinya.

Berikut ini sobat ambisius menggunakan website macaddress.io untuk mencobanya. Jika MAC address sudah di masukkan lalu tinggal klik search.

4. Informasi tentang perangkat dapat kamu lihat.

Jika sudah selesai maka website tersebut akan menampilkan informasi tentang pabrikan perangkat elektronik tersebut.

Dengan informasi tersebut kamu dapat mengetahui dari pabrikan mana perangkat yang terhubung 1 jaringan dengan perangkatmu. Dari MAC address ini kamu dapat melakukan pengecekkan untuk memastikan perangkat mana saja yang terhubung ke jaringanmu.

Jika ada perangkat lain yang tidak dikenali maka kamu dapat melakukan blokir MAC address dari perangkat tersebut sehingga perangkat tersebut tidak dapat menggunakan jaringan wifimu lagi.

Inilah informasi yang membahas tentang Cara Mengetahui Tipe Perangkat Dari MAC address. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

0 Response to " Cara Mengetahui Tipe Perangkat Melalui MAC Address"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel