Statistiche web Apa itu Virtual Reality? beserta sejarah dan fungsinya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu Virtual Reality? beserta sejarah dan fungsinya

Hallo Sobat Ambisius!!

Akhir – akhir ini penggunaan VR sering kita jumpai dan sudah tidak asing ditelinga kita. Tetapi masih banyak orang yang salah mengartikan VR dan fungsinya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan pengertian virtual reality. Sebelum itu kita akan membahas sejarah singkat dari virtual reality.

Sejarah singkat virtual reality (VR)

Virtual reality mulai dikembangkan pada tahun 1950. VR yang sekarang ini kita kenal tentunya sudah memiliki beberapa perkembangan.

Tahun 1950-an

Pada tahun 1950 Morton Heilig berusaha menciptakan alat yang dapat membuat penonton merasakan film secara nyata. Seiring dengan uji coba yang dilakukan Morton Heilig, ia berhasil mengembangkan Sensorama yang dipatenkan pada tahun 1962.

Tahun 1960-an

Ivan Sutherland berhasil membuat alat VR pertama melalui pengembangan konsep HMD pada tahun 1968 yang disebut dengan ‘the Sword of Damocles’. Akan tetapi dikarenakan alat tersebut terlalu berat untuk digunakan, alat tersebut tidak dikembangan lagi.

Tahun 1970 – 1980

Seorang teknisi militer bernama Thomas Furness mengembangkan sebuah project untuk mensimulasikan penerbangan pesawat demi kepentingan militer pada awal tahun 1970. Kemudian di selesaikan pada awal tahun tahun 1980 yang diberi nama ‘Super Cockpit’. Super Cockpit dapat menghasilkan simulasi 3D secara real time. Yang berguna untuk melatih pilot dalam mengendalikan pesawat.

Tahun 1990-an

Perusahaan game raksasa pada tahun itu yakni SEGA mencoba mengembangkan teknologi VR yang dimulai pada tahun 1993. Yang dinamakan dengan SEGA VR, project tersebut bertujuan untuk memberi permainan yang lebih menarik. Namun karena terkendala akhirnya project tersebut dihentikan

Tahun 2010

Seseorang bernama Palmer Lucky mengembangkan VR headset 90 derajat dan dinamakan dengan ‘Oculus Rift’. Kemunculan alat ini membuat VR diterima di pasar konsumen dan merupakan salah satu pelopor VR headset modern.

Tahun 2017

Perusahaan raksasa yakni Google mengembangkan teknologi VR mereka. Sehingga membuat virtual reality menjadi nyata hingga saat ini. 

Pengertian Virtual Reality

Virtual reality (VR) merupakan media virtual yang kita rasakan sebagai pengguna atau pemain Berinteraksi dan berada dalam lingkungan di dunia maya Dimana dunia disimulasikan oleh komputer. Kata virtual reality Yang jika diartikan ke bahasa Indonesia artinya realitas maya.

Cara kerja virtual reality yaitu dengan cara membuat manusia berpikir seolah – olah dapat merasakan aktivitas virtual yang terasa seperti kehidpuan di dunia nyata.

Dapat dikatakan virtual reality merupakan proses penghapusan dunia nyata disekeliling penggunanya.

Fungsi Virtual Reality :

1. Sebagai media hiburan

Virtual reality dapat merileksasi tubuh kita dari penatnya aktivitas didunia nyata. Pengguna dapat merasakan permainan secara lebih realistis sehingga dapat mengurangi rasa bosan.

2. Sebagai sarana desain arsitektur

Pada saat ini virtual reality dapat digunakan sebagai media atau sarana desain bagi para arsitek bangunan. Para arsitek dapat menggunakan virtual reality sebagai 3d desain yang realistis.

3. Sebagai sarana pendidikan

Contoh penggunaanya ketika pembelajaran online dilakukan kita dapat menggunakan vr sebagai media belajar sehingga para siswa akan merasakan seolah – olah berada di dalam kelas.

4. Sebagai sarana desain sebuah rancangan (prototype)

Sekarang banyak perusahaan otomotif ataupun perusahaan teknologi yang menggunakan virtual reality untuk melihat rancangan dari suatu produk misalnya seperti rancangan mobil, laptop dan sebagainya.

5. Sebagai media pariwisata virtual

Sejak pandemi berlangsung virtual reality dapat digunakan sebagai media pariwisata secara virtual. Kamu dapat mengunjungi berbagai tempat tanpa harus datang ke tempat tersebut.

6. Sebagai sarana pelatihan militer.

Beberapa negara didunia menggunakan virtual reality untuk melatih kekuatan tentaranya, biasanya digunakan untuk operasi pembebasan sandera atau hal lainnya.

7. Sebagai sarana pelatihan medis

Dalam bidang medis atau kedokteran virtual reality biasanya digunakan oleh para dokter bedah. Untuk melakukan simulasi pembedahan, sehingga dapat meminimalisir resiko dalam melakukan operasi.

Itu lah beberapa fungsi dari virtual reality yang mungkin masih banyak fungsi lainnya. Akan tetapi setiap benda pasti memiliki kekurangan, sama halnya dengan virtual reality.

Kekurangan Virtual Reality :

Virtual reality memiliki efek samping atau dampak negatif yaitu biasa disebut cybersickness. Pengguna akan merasakan ketegangan mata disertai rasa pusing. Selain itu secara psikologis pengguna akan merasa terbawa suasana padahal pengguna sudah berada di dunia nyata.

Oleh karena itu, kita harus dapat mengatur waktu dalam penggunaan virtual reality. Jangan sampai virtual reality membawa dampak buruk pada kita.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Virtual Reality dan fungsinya. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Apa itu Virtual Reality? beserta sejarah dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel