Statistiche web Apa Itu Voice Assistant ? - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Voice Assistant ?

Hallo Sobat Ambisius !!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang voice assistant. Mungkin kebanyakan orang sudah pernah mendengar tentang voice assistant bahkan sudah pernah menggunakannya.

Voice assistant merupakan sebuah artificial intelligence (AI) yang di program untuk membantu mempermudah manusia dalam menggunakan smartphone ataupun komputer, karena voice assistant dapat mendeteksi bahasa yang kita ucapkan.  Dengan kata lain voice assistant mirip seperti Jarvis yang ada pada film IRONMAN.

Teknologi pengenalan suara telah ada sejak tahun 1960-an. Pada saat itu IBM menjadi yang pertama memperkenalkan asisten suara dengan perangkat Shoebox-nya. Meskipun sangat primitif, ia memahami 16 kata dan 9 digit.

Meskipun teknologi pengenalan suara suda ada sejak tahun 1960-an, asisten virtual seperti yang kita ketahui baru muncul ketika tahun 2010-an keatas.

 


Fungsi Voice Assistant

·        Memasang sebuah alarm atau membuka sebuah aplikasi.

·        Menerjemahkan bahasa.

·        Menjadi navigasi dalam perjalanan.

·        Memutar sebuah video atau musik.

Dan tentu saja masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh voice assistant, tergantung voice assistant dari merk apa yang kita gunakan. Karena setiap merk voice assistant pastinya memiliki sedikit fitur yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Berikut ini merupakan macam – macam voice assistant yang paling banyak digunakan.

1.   Google Assistant

Google assistant merupakan sebuah program asisten virtual, yang dikembangkan oleh google dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan dapat digunakan pada smartphone ataupun smarthome. Google assistant pertama kali diluncurkan pada bulan mei tahun 2016. Kemudian diresmikan menjadi sebuah aplikasi pada tahun 2017 untuk Android maupun iOS. Pada saat ini google assistant dapat menggunakan lebih dari 30 bahasa di 80 negara, dan nantinya jumlah bahasa dan negara tersebut akan terus bertambah.

2.   Amazon Alexa

Alexa merupakan sebuah asisten virtual yang dikembangkan oleh amazon, fungsi dari alexa serupa dengan voice assistant lainnya. Alexa pertama kali dilucurkan pada November 2014. Pada data informasi terakhir yaitu April 2021. Alexa mampu digunakan dengan 8 bahasa yaitu : Inggris, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Portugis, dan spanyol.

3.   Siri

Siri adalah sebuah asisten virtual yang pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Siri Inc. Kemudian pada 28 April 2010 siri di akuisisi atau dibeli sahamnya untuk diambil alih oleh Apple Inc. Siri digunakan pada perangkat hasil produksi Apple Inc. Pada saat ini siri mampu menggunakan 21 bahasa di 36 negara

4.   Bixby

Bixby merupakan sebuah assisten virtual yang dikembangkan oleh Samsung Electronics. Pada 20 Maret 2017, Samsung mengumumkan asisten digital bertenaga suara bernama "Bixby". Bixby diperkenalkan bersama Samsung Galaxy S8 dan S8+, serta Samsung Galaxy Tab A. Bixby juga dapat di-sideload di perangkat Galaxy lama yang menjalankan Android Nougat. Untuk saat ini bixby dapat menggunakan 7 bahasa yaitu : Inggris, China, Jerman, Prancis, Italia, Korea, dan Spanyol.

5.   Microsoft Cortana

Microsoft Cortana merupakan asistent virtual yang dikembangkan Microsoft untuk digunakan pada Windows. Microsoft Cortana dapat digunakan pada windows phone 8.1 ataupun windows 10. Microsoft merilis microsoft cortana pada 2 April 2014. Microsoft Cortana tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Mandarin, Italia, dan spanyol.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Voice Assistant Dan Macam - Macamnya. Diharapkan dengan informasi ini sobat ambisius dapat mengetahui tentang invoice assistant dan macam - macamnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Apa Itu Voice Assistant ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel