Statistiche web Apa itu refresh? beserta fungsinya pada komputer - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu refresh? beserta fungsinya pada komputer

Hallo Sobat Ambisius!!

Seringkali kita mengklik kanan pada mouse lalu klik refresh, hal ini biasanya kita lakukan jika komputer atau laptop mengalami hang atau kita ingin mempercepat kinerja laptop atau komputer. Apakah benar fungsi refresh seperti itu?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari refresh pada sebuah komputer. Sebelum itu kita akan membahas sejarah singkat dari refresh.

   



Sejarah singkat refresh pada komputer

Pada awalnya komputer tidak memiliki dedicated VGA atau sebuah kartu grafis tambahan seperti NVIDIA atau RADEON untuk melakukan rendering yang ada diframe.

Komputer pada zaman tersebut memiliki GUI (Graphical user interface) memiliki software yang lebih maju jika dibandingkan hardwarenya atau biasa disebut bootleneck. Dan permasalahan utama dari GUI tersebut adalah merender by frame jadi menampilkan gambar by frame. Dan GUI ini merender gambar by frame static yang dikirimkan ke layar monitor, kemudian apabila ada tampilan baru lagi maka akan merender lagi by frame dan dilakukan secara terus menerus.

Kecepatan pada GUI untuk menampilkan gambar ini disebut dengan FPS (frames per second). Secara sederhana FPS ini dapat dianalogikan bekerja seperti animasi flipbook.

Karena GUI pada komputer zaman dulu mengalami bootleneck maka akan menyebabkan stuck yang berarti tampilan layar komputer tidak tampil dengan semestinya.

Komputer zaman dulu juga tidak secepat komputer zaman sekarang untuk merender tiap frame pada desktop. Semakin banyak gambar pada desktop maka komputer membutuhkan tenaga lebih besar untuk merender tiap frame. Jika komputer tersebut tidak memiliki tenaga yang cukup maka tiap frame atau tampilan layar akan ada pecah – pecah atau ikon pada desktop tidak pada tempat semestinya.

Fungsi refresh pada desktop yaitu memuat ulang sebuah tampilan pada desktop agar kembali ke tampilan semestinya. Penggunaan refresh ini sama saja jika kita sedang menggunakan internet untuk mencari sebuah informasi di website dan tampilan website tersebut tidak sesuai maka kita dapat merefresh website tersebut.

Kesimpulannya refresh bukan berfungsi untuk membuat kinerja komputer atau laptop menjadi lebih cepat. Melainkan berfungsi untuk memuat ulang tampilan dari layar komputer atau laptop.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Refresh Beserta Fungsinya Pada Komputer. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu refresh? beserta fungsinya pada komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel