Statistiche web Apa Itu Bandwidth? Beserta Fungsi Dan Jenisnya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa Itu Bandwidth? Beserta Fungsi Dan Jenisnya

Hallo Sobat Ambisius!!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bandwidth. Pada kehidupan sehari – hari jika kita sedang menggunakan internet seperti mencari sebuah informasi, mendownload sebuah file dan sebagainya pastinya kita pernah mendengar istilah ‘bandwidth’. Atau jika kita ingin berlangganan wifi pastinya ditanya ingin menggunakan paket berapa mbps? Misalnya : 10 mbps, 20 mbps dan sebagainya.



A.  Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan sebuah ukuran banyak data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu bit/detik atau bisa juga disebut bit/second. Semakin besar bandwidth sebuah koneksi seperti yang ditawarkan oleh provider wifi, maka semakin cepat koneksi internet tersebut.

Contohnya : Kamu berlangganan sebuah wifi yang memiliki bandwidth 20 mbps artinya koneksi internet tersebut mampu untuk memindahkan maksimal sebanyak 20 juta bit data setiap detiknya.

Jika dianalogikan bandwith itu seperti sebuah jalan raya, lebar jalan raya adalah bandwidthnya, sedangkan kendaraan yang melewatinya adalah data. Semakin besar jalan tersebut maka kendaraan yang masuk akan semakin banyak dan cepat. Begitu juga dengan bandwidth.

B.  Fungsi Bandwidth

1.   Menjadi jalur atau media untuk pengiriman data.

Contoh analoginya adalah sebuah jalan raya yang berfungsi mengirimkan kendaraan ke tempat tujuan. Sama halnya dengan bandwidth yaitu sebagai jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu jaringan atau komputer.

2.   Membatasi kecepatan transfer data

Ketika kita menggunakan wifi terutama wifi umum, maka bandwidth dapat berfungsi sebagai pembagi kecepatan transfer data secara adil pada setiap perangkat yang terhubung. Jika kecepatan transfer data tidak dibagi maka hanya akan ada 1 perangkat yang terhubung dan perangkat lain tidak dapat mengakses internet. Contohnya jika ada pengguna yang melakukan pengunduhan pastinya bandwidth akan membatasi kecepatan pengunduhan tersebut agar pengguna lain tetap bisa menggunakan internet.

3.   Membatasi jumlah data yang dapat ditransfer

Jika sebuah koneksi memiliki traffic yang tinggi dalam jangka waktu singkat akan menimbulkan gangguan jaringan sementara. Akan tetapi jika memiliki traffic yang tinggi daalam jangka waktu panjang maka akan mengganggu kestabilan jaringan dan menyebabkan gangguan koneksi. Oleh karena itu bandwidth berfungsi untuk mengurangi traffic yang tinggi dalam janga waktu panjang.

C.  Jenis Bandwidth

1.   Bandwidth Digital

Bandwidth ini berfungsi untuk mengirimkan sebuah informasi. Pengiriman informasi tersebut secara digital melalui saluran kabel atau bahkan tanpa menggunakan kabel. Bandwidth digital menggunakan satuan hitung bit/second.

2.   Bandwidth Analog

Bandwidth analog menggunakan satuan hitung Hertz (HZ). Bandiwidth analog memiliki fungsi yang sama dengan bandwidth digital.

Kesimpulan

Kesimpulannya Bandwidth bukan speed atau kecepatan dari sebuah internet. Melainkan sebuah ukuran untuk melakukan transfer data, jika kamu memiliki koneksi internet dengan bandwidth yang besar maka semakin cepat kemampuan jaringan dalam mentransfer sebuah data.

Inilah informasi yang membahas tentang Pengertian, fungsi, dan jenis pada bandwidth. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan sobat ambisius semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Bandwidth? Beserta Fungsi Dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel