Statistiche web Apa itu Augmented Reality? beserta sejarah dan fungsinya - Sobat Ambisius

Iklan 1

Apa itu Augmented Reality? beserta sejarah dan fungsinya

Hallo Sobat Ambisius!!

Pernahkah kamu bermain game pokemon go, atau sekedar mendengar aplikasi permainan tersebut. Yup pokemon go merupakan salah satu game berbasis augmented reality.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan pengertian augmented reality. Sebelum itu kita akan membahas sejarah singkat dari augmented reality.

Sejarah singkat augmented reality (AR)

Sejarah augmented reality sangat berhubungan dan berdekatan dengan sejarah perkembangan virtual reality.

Tahun 1960 - 1970

Pada 1968 seorang profesor asal Universitas Harvard yang bernama Ivan Sutherland, membuat HMD (Head mounted display) pertama yang ia beri nama ‘Sword of Damocles’.  Akibat kemajuan ini pengguna mengalami grafik yang dihasilkan komputer yang dapat meningkatkan persepsi sensorik mereka tentang dunia.

Pada 1974 seorang peneliti komputer sekaligus seniman yang bernama Myron Kruger, membangun sebuah laboratorium penelitian untuk artificial reality di Universitas Connecticut yang disebut ‘Videoplace’.

Tahun 1980 – 1990

Sekitaran tahun ini mulai banyak perusahaan mengembangkan augmented reality untuk bidang bisnis bukan di laboratorium lagi.

Pada 1990 seorang peneliti Boeing, memberikan istilah ‘Augmented reality’.

Pada 1992 seorang peneliti dari angkatan udara Amerika yang bernama Louis Rosenburg. Menciptakan 'Virtual Fixtures', yang merupakan salah satu sistem augmented reality pertama yang berfungsi penuh.

Pada 1994 seorang penulis dan produser yang bernama Julie Martin, menampilkan augmented reality ke dunia industri hiburan untuk pertama kalinya yang berjudul Dancing in Cyberspace.

Pada 1999 NASA menciptakan sistem penglihatan sintetis hibrida dari pesawat ruang angkasa X-38 mereka. Sistem ini memanfaatkan teknologi AR untuk membantu menyediakan navigasi yang lebih baik selama penerbangan uji mereka.

Tahun 2000 - sekarang

Pada 2000 Hirokazu Kato mengembangkan sumber pembelajaran terbuka perangkat lunak yang disebut ARToolKit. Paket ini membantu pengembang lain membangun program perangkat lunak augmented reality.

Pada 2009 untuk pertama kalinya majalah Esquire membuat halaman menggunakan augmented reality sehingga membuat halaman menjadi lebih nyata.

Pada 2013 perusahaan otomotif Volkswagen membuat aplikasi MARTA (Bantuan Teknis Realitas Augmented Seluler) yang berfungsi memberikan petunjuk perbaikan langkah demi langkah kepada teknisi dalam manual servis.

Pada 2014 Google meluncurkan perangkat yang dinamakan Google Glass, yaitu sepasang kacamata augmented reality yang dapat dipakai pengguna untuk pengalaman yang mendalam.

Pada 2016 Microsoft mulai mengirimkan versi teknologi AR yang dapat dipakai yang disebut HoloLens, yang lebih canggih daripada Google Glass.

Pengertian Augmented Reality

Augmented reality (AR) merupakan suatu teknologi yang dapat menggabungkan dunia realita dengan dunia maya. Pengguna augmented reality akan merasakan tambahan – tambahan dunia maya yang menyatu dengan dunia realita si pengguna.

Intinya augmented reality adalah dunia realita kita digabung dengan dunia maya yang menimbulkan seperti efek – efek benda lain sehingga dapat melihat lebih banyak objek gambar.

Cara kerja augmented reality membutuhkan perangkat tambahan seperti kamera, kacamata AR, webcam, dan sebagainya. Yang dapat membantu agar benda maya tersebut dapat berjalan secara real time.

Fungsi Augmented Reality :

1. Sebagai media hiburan

Saat ini banyak perusahaan atau developer game mulai memberikan fitur augmented reality pada game yang dibuat. Contoh game yang menggunakan augmented reality adalah pokemon go, Ingress, AR invaders dan masih banyak game lainnya.

2. Sebagai media pendidikan dan pembelajaran

Augmented reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran contohnya beberapa buku saat ini bisa discan melalui smartphone dan dapat melihat benda bergerak secara virtual. Contoh lainnya banyak museum yang mendigitalisasi sehingga pengunjung dapat lebih tertarik karena terdapat teknologi augmented reality dan membuat pembelajaran semakin menarik.

3. Sebagai media promosi dan pemasaran

Contoh penggunaanya ketika kita membeli sebuah produk misalnya makanan, kita akan mendapatkan kartu yang memiliki teknologi augmented reality nantinya kartu tersebut dapat kita scan dan akan menampilkan benda virtual. Promosi dengan cara ini terkadang dapat menarik anak – anak untuk membeli produk tersebut.

4. Sebagai sarana pelatihan militer atau kepolisian

Pada bidang ini augmented reality dapat digunakan untuk pelatihan olah tkp, operasi pembebasan sandera, simulasi kerusuhan dan sebagainya.

5. Sebagai sarana desain arsitektur

Penggunaan augmented reality pada bidang desain arsitektur adalah untuk menampilkan desain 3d secara virtual. Sehingga para desainer maupun para konsumen memiliki gambaran tentang hasil rancangan pada bangunan tersebut.

6. Sebagai sarana desain rancangan atau prototipe

Contoh penggunannya di aplikasikan pada sebuah mobil ketika melakukan scan melalui aplikasi maka aplikasi tersebut akan memunculkan gambaran virtual mengenai informasi dari mobil tersebut.

7. Sebagai sarana pelatihan medis

Pada bidang medis biasanya augmented reality digunakan untuk pelatihan operasi bedah ataupun sebagai media pembelajaran medis.

Itulah beberapa macam fungsi dari augmented reality yang pastinya masih banyak fungsi lainnya, selanjutnya kita akan membahas kekurangan dari augmented reality.

Kekurangan augmented Reality :

1. Seringkali terjadi kesulitan menentukan sudut pandang

Terkadang dalam menggunakan augmented reality, terdapat kendala yaitu media virtual tidak tampil jika kita salah dalam menentukan sudut pandang.

2. Membuat kecanduan dalam penggunannya

Secara psikologis jika seseorang tertarik atau seringkali melakukan hal yang dianggap disukai maka hal tersebut membuat orang tersebut kecanduan. Contohnya pada kasus demam pokemon go di tahun 2016, banyak sekali penggunanya yang kecanduan dalam memainkan permainan tersebut bahkan rela berkeliling dan mengeluarkan banyak uang untuk mencari pokemon virtual. Selain itu dampak ini dapat berpengaruh secara kesehatan yaitu sakit mata, rasa pusing dan sebagainya. Dan dampak lainnya kurangnya bersosialisasi dengan keluarga atau masyarakat sekitar.

Inilah informasi yang membahas tentang Apa Itu Augmented Reality dan fungsinya. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Augmented Reality? beserta sejarah dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel