Statistiche web Cara Memulai Coding Secara Online Tanpa Aplikasi - Sobat Ambisius

Iklan 1

Cara Memulai Coding Secara Online Tanpa Aplikasi

Hallo Sobat Ambisius!!

Pada umumnya bagi seorang programmer dalam melakukan coding mereka membutuhkan sebuah aplikasi untuk mengetik dan menjalankan kode atau skrip yang mereka kerjakan. Akan tetapi seiring kemajuan zaman banyak orang yang berlomba-lomba untuk meciptakan sebuah inovasi. Sehingga kita dapat melakukan coding tanpa menggunakan aplikasi apa pun.

Banyak di antara kita yang masih bingung, gimana sih cara melakukan pengkodean(coding/koding)?. Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bareng melakukan coding tanpa perlu aplikasi loh!

Untuk memulai langkah ini pastikan kamu memiliki hal – hal berikut :

a. Laptop/komputer

Kamu membutuhkan laptop atau komputer untuk melakukan coding supaya lebih enak dan nyaman ketika kamu memulai coding. Untuk spesifikasi laptop yang dibutuhkan tidak perlu spesifikasi yang tinggi jika melakukan coding ringan. Hal ini karena untuk belajar coding dapat dilakukan menggunakan laptop spesifikasi menengah.

b. Koneksi internet

Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan karena pada kali ini kita akan menggunakan compiler online atau situs coding online. Pastikan koneksi internet kamu stabil agar kamu tidak terhenti ditengah melakukan coding.

Jika hal – hal tersebut sudah kamu miliki langsung saja kita memulainya. Berikut ini langkah – langkah cara coding tanpa menggunakan aplikasi :


1. Membuka Situs onlinegdb.com


Pada situs tersebut akan ditampilkan sintaks dasar dalam sebuah bahasa pemograman.

2. Memilih Bahasa Pemograman Yang Akan Digunakan

Langkah kedua yaitu memilih bahasa yang akan digunakan, klik pojok kanan atas dan kamu tinggal memilih bahasa apa yang akan kamu gunakan. Ada banyak bahasa yang bisa kita pilih di antaranya : C, C++, Python, Java, PHP, Ruby, Perl, C#, VB, Swift, Pascal, Fortran, Haskell, Objective-C, Assembly, HTML, CSS, JS, SQLite, Prolog.


3.  Memulai Coding

Jika kamu sudah selesai menuliskan skrip atau kode kamu. Kamu dapat menjalankan  program tersebut dengan cara klik run.

Lalu kamu dapat melihat hasil run atau yang disebut output dari kode kamu.


Pastikan kode kamu benar ya, jika kode yang kamu ketik salah maka hasil run tersebut akan memunculkan tulisan error. Jika kode kamu error maka langkah yang harus kamu lakukan mencari kesalahan yang kamu lakukan pada baris ke berapa.

4.  Save Code 

Kamu bisa mengklik tombol save diatas atau tekan ctrl + s. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan akun kamu untuk menyimpan kode kamu .


Selanjutnya kamu hanya tinggal memberi nama kode kamu tadi, lalu klik save.


5.  Membuka Kode Yang Telah Di Simpan

Klik my project.

Setelah itu kamu dapat melihat program – program yang telah kamu save, dengan cara mengklik 2x pada nama file kodemu.

Dari program – program tersebut kamu dapat mengunduh file kode tersebut, menghapus, membagikan dan menduplikat. Bahkan kamu dapat membuat project baru atau folder baru jika kamu ingin merapihkan file – file kodemu.

Sebenarnya, masih banyak lagi website compiler online yang dapat digunakan selain OnlineGDB. Kamu dapat mengetikkan online compiler di mesin pencarian google. Untuk website yang lain dapat disesuaikan dengan kenyamanan kamu dalam melakukan coding, kamu dapat mencari website online compiler yang menurut kamu nyaman digunakan.Sehingga dapat diharapkan jika nyaman menggunakan web tersebut dapat meningkatkan skill coding kamu atau dapat mempermudah pekerjaan kamu.

Inilah informasi yang membahas tentang Cara Memulai Coding Secara Online Tanpa Aplikasi. Teruntuk Sobat Ambisius selalu semangat dalam beraktivitas dan mencoba hal baru. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


4 Responses to "Cara Memulai Coding Secara Online Tanpa Aplikasi"

  1. coding for kids Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with extra information? It is extremely helpful for me.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, thank you for visiting our site. Next we will continue to provide information about technology of course including coding.

      Delete
  2. Terus berkarya mas, Alhamdulillah malam malam penat saya terbantu dengan artikel mas nya 🤣, awalnya bingung harus ngoding kek gimana wkwkwk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel