Statistiche web Langkah - Langkah Memulai Belajar Coding - Sobat Ambisius

Iklan 1

Langkah - Langkah Memulai Belajar Coding

Hallo Sobat Ambisius!!

Di era industri 4.0 ini banyak sekali perubahan di dunia mulai dari yang bersifat lokal maupun internasional. Perubahan - perubahan ini tanpa kita sadari telah membawa peradaban manusia menjadi lebih maju terutama pada bidang teknologi. Tahukah kalian? dengan kemajuan di bidang teknologi ini telah tercipta banyak sekali inovasi - inovasi  contohnya seperti : terbentuknya aplikasi jual beli online, terbentuknya media sosial sebagai sarana informasi, terbentuknya aplikasi ojek dan taksi online dan lainnya.



Apa Itu Bahasa Pemograman?

Tanpa disadari dibalik itu semua terdapat hal yang sangat penting dalam pembuatan aplikasi yaitu bahasa pemograman. Bahasa pemograman merupakan  suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer. Bahasa pemograman ini lah yang nantinya akan di terapkan untuk digunakan oleh seorang programmer.

Bahasa pemograman pertama adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Plankalk├╝l , yang dikembangkan oleh Konrad Zuse untuk komputer Z1- nya antara tahun 1943 dan 1945 tetapi tidak diterapkan pada saat itu.

Bahasa pemrograman berfungsi pertama yang dirancang untuk mengkomunikasikan instruksi ke komputer ditulis pada awal 1950-an. John Mauchly 's Kode pendek , diusulkan pada tahun 1949, adalah salah satu bahasa tingkat tinggi pertama yang pernah dikembangkan untuk komputer elektronik . Tidak seperti kode mesin , pernyataan Kode Pendek mewakili ekspresi matematika dalam bentuk yang dapat dimengerti. Namun, program tersebut harus diterjemahkan ke dalam kode mesin setiap kali dijalankan, membuat prosesnya jauh lebih lambat daripada menjalankan kode mesin yang setara.



Pada masa sekarang ini terdapat banyak bahasa pemograman yang seringkali di gunakan di antaranya adalah :

·        Python

·        Java

·        Java script

·        C

·        C++

·        #C

·        R

·        Swift

·        Ruby

·        Vba

·        Scala

Dan tentunya masih banyak lagi bahasa – bahasa pemograman yang lain.

 

Pengertian Coding

Tugas umum dari seorang programmer adalah melakukan pengkodean atau biasa di sebut (coding/koding). Bagi kalian yang tertarik di bidang teknologi atau biasa kita sebut IT pasti pernah mendengar tentang istilah coding/koding. Coding merupakan sebuah aktivitas mengetikkan kode atau skrip tertentu untuk menghasilkan suatu program.

Jika kalian memiliki keinginan untuk berkecimpung di dunia IT, coding menjadi hal yang sangat penting dan wajib kamu pahami. Terutama bagi kalian yang berkeinginan menjadi programmer. Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari coding, walaupun bukan berasal dari latar belakang yang memiliki pendidikan komputer atau informatika. Bukan tanpa alasan mereka belajar coding, mulai dari profesi yang melimpah dan banyak dibutuhkan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang karir.


Bagaimana Langkah – Langkah Untuk Memulai Belajar Coding?

1. Tekad & Niat

Tentu saja kita membutuhkan tekad dan niat yang kuat untuk memulai ini semua, agar kita tidak berhenti dan menyerah di tengah jalan. Dalam melakukan coding tentu saja tidak semulus yang kita bayangkan, seringkali terjadi kode atau skrip yang kita ketik bermasalah atau yang biasa di sebut error.

2. Perangkat yang digunakan

Untuk membuat program pertama, kita pasti membutuhkan perangkat seperti laptop ataupun komputer. Akan tetapi akhir – akhir ini kita juga dapat memulai Coding melalui smartphone kita, cukup mudah bukan?.

3. Pilih bahasa yang akan kita pelajari

Jika kalian memilih banyak bahasa pemograman untuk dipelajari maka kalian akan mengalami kesulitan. Karena setiap bahasa pemograman memiliki sintaks atau rumus yang berbeda, ada baiknya jika kalian memulai di satu bahasa pemograman dengan detail dan fokus.

4. Mencari materi tentang bahasa pemograman yang kita pilih

Inilah yang menjadi intinya, di zaman yang serba modern ini sudah tidak jadi hambatan lagi untuk kita mencari ilmu. Materi tentang bahasa pemograman bisa kita dapat melalui pendidikan formal yaitu perkuliahan maupun kursus, selain itu kita juga dapat mempelajari bahasa pemograman secara otodidak melalui youtube, website yang membahas seputar coding, media sosial maupun teman yang lebih mahir di bidang tersebut.

5. Sering berlatih

Ada pepatah yang mengatan “tajamnya pisau karena sering di asah”. Pepatah ini sangat sering kita dengar sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Pastinya ilmu apapun jika sering kita pelajari maka kita akan semakin pandai dan mudah.

 6. Bersabar dan selalu berdoa

Ketika kalian menjadi seorang programmer kesabaran kalian akan di uji. Mulai dari kode yang error, materi yang sulit dipahami, dan permasalahan lainnya. Oleh karena itu kesabaran sangat penting agar kalian memiliki komitmen yang kuat dan tidak berhenti di tengah jalan. Dan jangan lupa selalu berdoa agar tuhan mempermudah usaha – usaha yang telah kalian lakukan.

Inilah informasi yang membahas tentang Langkah - Langkah Memulai Belajar Coding. Dengan segala kemudahan teknologi di dunia ini jangan menjadikan kita seorang yang malas, justru kita harus meningkatkan kualitas diri kita agar kita tidak tergerus dengan kemajuan teknologi yang ada. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


0 Response to "Langkah - Langkah Memulai Belajar Coding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel